Ahad 03 Oct 2021 20:12 WIB

MPR: Kajian Ratu Kalinyamat Sebagai Pahlawan Tuntas

Wakil Ketua MPR mengatakan kajian akademis tentang Ratu Kalinyamat telah tuntas.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat
Foto: istimewa
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, mengatakan kajian akademis tentang jejang keberadaan Ratu Kalinyamat telah tuntas. Kajian itu siap digunakan sebagai dokumen penguat usulan Pahlawan Nasional untuk tokoh asal Jepara itu. 

"Kajian sudah selesai, sekarang tinggal menjalin komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Jepara untuk mengajukan kembali Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional," kata politikus yang akrab disapa Rerie saat FGD bertema "Ratu Kalinyamat" di Semarang, Jawa Tengah, Ahad (3/10).

Baca Juga

Menurutnya, kajian akademis ini dilakukan sebagai pendukung fakta atas penolakan terhadap usulan yang pernah disampaikan ke Kementerian Sosial yang menganggap sosok tersebut hanya sebatas mitos. Melalui kajian akademis ini, ia optimistis usulan ulang gelar Pahlawan Nasional terhadap Ratu Kalinyamat bisa terealisasi.

Tugas lain yang harus dilakukan dalam upaya merealisasikan usulan Pahlawan Nasional tersebut, kata dia, di antaranya menyosialisasikan tentang sosok Ratu Kalinyamat. Lestari menjelaskan masih banyak fakta tentang ketokohan Ratu Kalinyamat yang tidak diketahui secara komprehensif oleh masyarakat.

"Masih ada pemahaman yang kurang pas. Tokoh ini masih dikonotasikan dengan erotisme," katanya.

Selain itu, kata dia, Ratu Kalinyamat juga mampu meletakkan dasar-dasar dalam melawan kolonialisme melalui kekuatan maritim. Berbagai hal tentang citra Ratu Kalinyamat tersebut, kata dia, masih ada yang harus diluruskan.

Sementara kepada Pemerintah Kabupaten Jepara, ia meminta pemda harus menjadi garda terdepan dalam pengusulan gelar Pahlawan Nasional tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement