Ahad 03 Oct 2021 14:30 WIB

Bank Mandiri Catat Nilai Transaksi Digital Capai Rp 1.008 T

Mandiri menyediakan solusi perbankan dengan meluncurkan Financial Super App Livin

Menteri BUMN Erick Thohir (tengah), Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi (kiri) dan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar (kanan) berfoto bersama saat peluncuran Financial Super App Livin
Foto: ANTARA/Reno Esnir
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah), Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi (kiri) dan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar (kanan) berfoto bersama saat peluncuran Financial Super App Livin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berupaya mengembangkan produk dan layanan perbankan dengan peran teknologi. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kebutuhan para nasabah.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan saat ini perseroan menyediakan solusi perbankan digital bagi nasabah dengan meluncurkan Financial Super App Livin' By Mandiri. "Salah satu bukti keberhasilan digitalisasi pada Bank Mandiri tercermin dari meningkatnya jumlah pengguna Financial Super App Livin' By Mandiri sebanyak 8,2 juta pada Agustus 2021 meningkat sebesar 50 persen jika dibandingkan periode setahun sebelumnya," ujarnya saat konferensi pers secara virtual, Ahad (3/10).

Baca Juga

Menurutnya aplikasi ini untuk menghadirkan customer experience selayaknya layanan cabang dalam genggaman serta Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri sekaligus untuk memberikan solusi keuangan terbaik bagi nasabah perusahaan melalui digitalisasi wholesale banking.

"Seiring pertumbuhan jumlah pengguna, laju transaksi finansial nasabah Bank Mandiri melalui Livin' by Mandiri sebesar 63 persen yoy sebanyak 607,5 juta transaksi dengan nilai transaksi Rp 1.008 triliun pada Agustus 2021," ucapnya.

Selaras dengan tema HUT ke-23 Mandiri Jadi Digital perseroan telah mampu mendigitalisasi hampir seluruh layanan transaksi nasabah Bank Mandiri. Hasilnya, pada III 2021 lebih dari 95 persen transaksi perbankan Bank Mandiri dapat dilakukan secara digital.

Bank Mandiri juga telah memperbarui Super App Livin’ by Mandiri sebagai bentuk penyempurnaan terkini digital banking perseroan. Adapun fitur teranyarnya antara lain pembukaan rekening baru, verifikasi wajah, quick access, tarik tunai tanpa kartu, e-wallet linkage untuk top up dan update saldo e-money termasuk uang elektronik lainnya dengan satu klik hingga transfer dan bayar tagihan favorit di satu tempat.

“Livin’ by Mandiri telah betransformasi menjadi super app yang memanfaatkan pendekatan AI (Artificial Intelligence) untuk menciptakan sentuhan personal yang unik dan modern dalam akses layanan keuangan yang lengkap, termasuk ke biller dan produk perusahaan anak,” ucapnya.

Bank Mandiri juga telah meluncurkan Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri dengan layanan digital single access yang menjadi pusat aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi komunitas bisnis pelaku usaha di segmen wholesale berikut ekosistemnya dari hulu ke hilir. Pada Agustus 2021 (YTD) transaksi wholesale channel Bank Mandiri mencatatkan sebanyak 123 juta transaksi dengan nilai transaksi sebesar Rp 6.449 triliun.

Sebagai Wholesale Super Digital Platform lanjut Darmawan, Kopra by Mandiri akan mengintegrasikan seluruh kebutuhan transaksi wholesale ke dalam satu platform secara single sign on (SSO) dengan fitur Cash Management, Forex Transaction, Value Chain Financing, Trade Finance, Smart Account, serta Online Custody.

"Hadir untuk memenuhi kebutuhan nasabah wholesale dan UKM, Kopra by Mandiri dilengkapi dalam tiga varian layanan, yaitu Kopra Portal, Kopra Host to Host, dan Kopra Partnership yang menyesuaikan dengan kebutuhan nasabah segmen wholesale," ucapnya.

Secara konsep, Financial Super App Livin’ dan Kopra by Mandiri mengusung pendekatan comprehensive banking experience, dengan aneka fitur yang akan mendekatkan Bank Mandiri ke dalam ekosistem digital serta memperkuat kolaborasi bersama Mandiri Group.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement