Jabar Promo Produk UMKM di Festival PON Kopi Papua

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Fuji Pratiwi

Produk UMKM Jawa Barat (ilustrasi). Jawa Barat diajak mempromosikan produk kopi dan UMKM di PON Papua.
Produk UMKM Jawa Barat (ilustrasi). Jawa Barat diajak mempromosikan produk kopi dan UMKM di PON Papua.
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
Produk UMKM Jabar tidak akan dijual melainkan hanya dipromosikan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Jawa Barat mendapat undangan khusus untuk ikut serta dalam Festival PON Kopi Papua UMKM yang akan berlangsung di Taman Mesran, Kota Jayapura, Papua, pada 3-9 Oktober 2021.

Pemprov Jawa Barat bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat serta Dinas Koperasi dan UMKM Jabar akan memamerkan berbagai produk UMKM khas Tanah Pasundan. 

Baca Juga

Festival dilaksanakan bersamaan dengan PON XX/2021 Papua. Produk UMKM Jabar sendiri tidak akan dijual melainkan hanya dipromosikan. Festival lebih kepada mendukung produk UMKM Papua terutama kopi untuk berkembang. 

"Kami diundang untuk ikut dalam pameran UMKM di Kota Jayapura. Karena hubungan kita lahir batin, jadi ada perdagangan, ada budaya, ada olah raga dan lain-lain. Tidak semuanya ikut," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil dalam siaran persnya, Sabtu (2/10).

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Barat Kusmana Hartadji, dalam festival ini Jabar akan mengisi dua stan yang disediakan panitia. "Kita diberikan fasilitas ada dua stan, yang satu stan untuk Paguyuban Pasundan di Papua yang kedua untuk UMKM Jabar," kata Kusmana.

Kusmana melanjutkan, ada beberapa produk yang akan dipamerkan dalam Festival PON Kopi Papua UMKM. Selain alas kaki seperti sepatu, kerajinan dari bahan kelapa khas Pangandaran, kerajinan dari Cianjur, serta kerajinan lain.

"Yang dipamerkan produk UMKM umum. Ini peluang pasar karena selama ini produk Jabar luas sekali dan yang hadir di sini dari provinsi lain. Ini potensi bagaimana mempromosikan produk kita di kegiatan lima tahun sekali," ungkap Kusmana.

Kusmana mengaku, peluang produk UMKM Jabar untuk masuk pasar Papua sangat besar, di mana fesyen dan makanan sudah masuk meski nilainya masih kecil. "Untuk kerajinan di sini lebih bagus, di fesyen kurang dan ini perlu didukung. Kita lebih memperkenalkan dulu bagaimana ada kesamaan antara Jabar dengan Papua, ada keterkaitan batin kedua provinsi, bersama Papua satu hati," kata dia.

Kusmana mengatakan, tidak menutup kemungkinan Pemda Provinsi Jabar alan membuka gerai khusus produk UMKM di Papua. Potensi kerja sama lebih lanjut akan terwujud dan memperbanyak kolaborasi.

"Kerja sama kolaborasi telah dilakukan dengan provinsi Kalimantan Selatan, Bali, NTB dan kemarin dengan Papua Barat," kata dia.

 

Komentar

Terkait


Ilustrasi kawasan mangrove. Tingkat kunjungan wisatawan ke Ecowisata Mangrove Poumako di Mimika, Papua, terdongkrak perhelatan PON Papua.

Kunjungan Ecowisata Mangrove Poumako Terdongkrak PON Papua

Pembukaan pesta diskon Solo Great Sale 2021 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Jumat (1/10).

Digitalisasi SGS 2021 Diapresiasi

Pembukaan pesta diskon Solo Great Sale 2021 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Jumat (1/10).

Pesta Diskon Solo Great Sale 2021 Dimulai

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso (kanan) bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (tengah) dan Rektor UNS Jamal Wiwoho (kiri) berdialog virtual dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat acara Vaksinasi Untuk Negeri di kampus UNS Solo, Jawa Tengah, Kamis (30/9). Ketua OJK Wimboh Santoso berharap kegiatan vaksinasi COVID-19 yang didukung OJK tersebut dapat bermanfaat untuk kesehatan masyarakat guna membangkitkan pertumbuhan ekonomi.

OJK dan GoTo Ramaikan Kampus UMKM di Surakarta

Sajian kuliner khas Nusantara di hotel-hotel Accor di Indonesia (ilustrasi). Novotel Hotels & Resort Solo sudah menggunakan produk UMKM.

Novotel Hotels & Resort Solo Gunakan Produk UMKM

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image