Berwisata di Venue PON ini, Pengunjung Dilarang Bawa Mantan

Ilustrasi. Warga menikmati suasana ekowisata hutan mangrove.
Ilustrasi. Warga menikmati suasana ekowisata hutan mangrove.
Foto: SAIFUL BAHRI/ANTARA

REPUBLIKA.CO.ID, MIMIKA -- Mimika merupakan satu dari empat kabupaten/kota di Papua yang menggelar pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Dan, di wilayah Mimika ini, ada Ekowisata Mangrove Pomako yang melarang pengunjung membawa 'mantan'.

Memang ada peringatan berbunyi "Dilarang bawa Mantan" di tempat wisata alam ini. Tapi, seperti dikutip dari Antara"mantan" dalam papan petunjuk di Ekowisata Mangrove Pomako memang terlalu bahaya untuk dibawa. Karena, ''mantan'' yang dimaksud adalah barang bekas alias sampah.

Tulisan "Dilarang bawa Mantan" adalah salah satu kalimat nan kreatif yang terpajang di papan petunjuk di sekitar tempat wisata salah satu kabupaten penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tersebut. Kalimat-kalimat kreatif itu dibuat agar wisatawan tertarik memperhatikan informasi yang tertera pada papan-papan petunjuk yang terpajang di sekitar area wisata.

Lazimnya, papan-papan petunjuk menginformasikan arah tujuan, jarak tempuh, posisi sarana vital, berbagai regulasi pada objek wisata, dan sebagainya. Namun, sepanjang jalur Ekowisata Hutan Mangrove Pomako di kawasan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Pomako, Kabupaten Mimika, Papua, akan ditemui berbagai papan petunjuk yang unik.

Keunikan papan petunjuk yang terbuat dari kayu bertuliskan huruf warna-warni ini berisi kalimat yang kekinian dan agak satire. Seperti menyindir status lajang alias jomlo, ajakan untuk selamatkan lingkungan hidup atau disingkat 'selingkuh', hingga larangan membawa mantan tadi.

Ada pula papan petunjuk bertuliskan nama jalan, tapi namanya "jalan aja dulu kalau cocok kita nikah." Kalimat bernada menggelitik yang ditulis di papan petunjuk sepanjang jalur Ekowisata Hutan Mangrove Pomako itu ternyata memang berhasil menyita perhatian pengunjung.

"Mungkin memang sengaja kalimatnya dibuat begitu, supaya orang senang foto-foto di sana," kata Risal, salah seorang wisatawan yang ditemui Antara di lokasi, Sabtu.

Selain dengan papan petunjuk yang nyentrik, upaya lain untuk memanjakan para pengunjung yang suka berswafotoria adalah dengan belasan payung warna-warni yang menggantung, hingga pajangan berbentuk hati yang biasanya menjadi favorit pengunjung untuk dijadikan latar belakang swafoto.

Untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung, ekowisata mangrove ini juga menyediakan fasilitas umum seperti toilet dan gazebo. Pemerintah Kabupaten Mimika menetapkan tarif untuk sekali masuk ke Ekowisata Mangrove Pomako sebesar Rp 5.000 untuk anak-anak dan Rp 10.000 untuk orang dewasa.

Komentar

Terkait


Suasana Upacara Pembukaan PON XX Papua di stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura Papua, Sabtu (2/10). Presiden Republik Indonesia Joko Widodo resmi membuka gelaran PON Papua yang berlangsung hingga 15 Oktober 2021 mendatang. PON Papua mempertandingkan 56 cabang olahraga dengan diikuti sebanyak 6.442 atlet. Republika/Thoudy Badai

PON XX Papua, Berikut Provinsi Yang Belum Raih Medali

Pilot aeromodelling menerbangkan pesawat aeromodelling (ilustrasi).

48 Atlet Aeromodeling Berebut Medali di PON XX Papua

Perupa asal Sentani Peseni Ronny Wally (39) menghaluskan serat kulit kayu (yonggoli) untuk dijadikan mahkota imitasi burung cenderawasih, di Yauw Alloz Chrisyen (YAC) Art Work, Waena, Jayapura, Papua, Sabtu 2/10/2021). Perupa asli Papua dari YAC Art Work ikut memasok berabagai produk hasil kerajinan tangan untuk dijadikan suvenir selama penyelenggaraan PON Papua

Pengrajin Cenderamata Suvenir PON XX Papua

Pesepak bola Boaz Solossa membawa api PON Papua saat Upacara Pembukaan PON XX Papua di stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura Papua, Sabtu (2/10). Presiden Republik Indonesia Joko Widodo resmi membuka gelaran PON Papua yang berlangsung hingga 15 Oktober 2021 mendatang. PON Papua mempertandingkan 56 cabang olahraga dengan diikuti sebanyak 6.442 atlet. Republika/Thoudy Badai

Rangkaian Pembukaan Pekan Olahraga Nasional XX Papua (2)

Penari menghibur penonton saat Upacara Pembukaan PON XX Papua di stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura Papua, Sabtu (2/10). Presiden Republik Indonesia Joko Widodo resmi membuka gelaran PON Papua yang berlangsung hingga 15 Oktober 2021 mendatang. PON Papua mempertandingkan 56 cabang olahraga dengan diikuti sebanyak 6.442 atlet. Republika/Thoudy Badai

Rangkaian Pembukaan Pekan Olahraga Nasional XX Papua (1)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image