Ahad 03 Oct 2021 05:03 WIB

Time Line Sejarah PKI: Jejak Darah hingga Dinormalkan

Sejarah dan jejak keberadaan dan kekerasan PKI.

Pemberontakan PKI di Madiun tahun 1948.
Foto: gahetna.n
Pemberontakan PKI di Madiun tahun 1948.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ridwan Saidi, Politisi Senior, Sejarawan, dan Budayawan Betawi.

1. PKI KLAIM LAHIR 23 Mei 1920. Padahal itu merupakan sebuah PSBB, (PERBEDAAN SEJARAH BERSKALA BESAR).

2. Tahun 1920  lahir PERSERIKATAN KOMUNIS HINDIA Belanda (PKHB) dalam KONGRES ISDV (Indische Social Democratisch Vereeniging) di Semarang. INDISCHE SOCIAL DEMOCRATISCH VEREENIGING didirikan SNEEVLIET pada tahun 1914 dan berganti nama jadi PKHB (Partai Komunis Hindia Belanda).

3. Pada November 1926 di Labuan dan Lebak Banten ada kerusuhan. Di Silungkang pada Januari 1927 juga ada kerusuhan. Belanda tuduh pekerjaan komunis. PKHB dilarang.

4. Sampai dengan Agustus 1945 tak ada cerita PKI. Setelah Maklumat No X November 1945, baru PKI didirikan oleh Tan Ling Djie dan MH Lukman. Tan Ling Djie ketua pertama.

5. Beberapa minggu saja setelah PKI berdiri mereka lakukan pembantaian massal di Brebes, Tegal, PEMALANG pada Maret 1946. Haji-haji dibunuh. Kemudian pada tahun yang sama di kesultanan-kesultanan Sumatera Timur PKI lakukan pembantaian. Mereka ditumpas TKR (Tentara Keamanan Rakyat) dan tak diproses pengadilan karena lembaga peradilan belum terbentuk.

6. Pada September 1948 PKI berontak di Madiun dan ditumpas TNI. Pelaku diadili. Kegiatan PKI dilarang.

7. Tahun 1952 pimpinan PKI  DN Aidit, Tan Ling Djie, MH Lukman, dan Nyoto diterima Presiden Sukarno di Istana. Bung Karno normalkan PKI. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement