Pengunjung Pembukaan PON XX Terus Berdatangan Hingga Malam

Red: Didi Purwadi

Penari menghibur penonton saat Upacara Pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021).
Penari menghibur penonton saat Upacara Pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021).
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Pengunjung antre masuk karena kapasitas normal stadion ini dipangkas.

REPUBLIKA.CO.ID, PAPUA -- Pengunjung upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua terus berdatangan menuju Stadion Lukas Enembed di Kabupaten Jayapura sejak siang hingga Sabtu (2/10) malam ini. Situasi itu terlihat di Gerbang A stadion tersebut yang merupakan salah satu dari dua pintu masuk ke lokasi acara.

Pengunjung antre masuk karena kapasitas normal stadion ini dipangkas oleh petugas keamanan demi menjaga protokol kesehatan. Daya tampung pengunjung di tribun penonton dibatasi sampai maksimal 25 persen dari total kapasitas maksimum asli 40 ribu orang.

Pembatasan ini berdampak kepada terciptanya kerumunan di sekitar Gerbang A. Acara dimulai pukul 19.00 WIT, sementara gerbang dibuka hanya untuk panitia, tenaga medis dan keamanan.

"Saya sudah dua jam tidak bisa masuk. Di dalam memang dibatasi orangnya, padahal acara sudah mulai," kata pengunjung asal DKI Jakarta, Rudi Rukmiana (44).

Animo masyarakat Papua memang sangat tinggi dalam menghadiri pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada Sabtu. Meskipun acara spektakuler tersebut baru dimulai pukul 19.00 WIT, namun warga sudah mengantre masuk sejak pukul 13.00 WIT.

Salah satu penonton, Zulkifli kepada Antara di Jayapura, Sabtu, mengatakan dirinya sangat antusias mengikuti acara pembukaan PON XX di Stadium Lukas Enembe. "Sudah sejak beberapa hari saya mengecek informasi bagaimana caranya bisa menonton, untung sudah divaksin sehingga diperbolehkan menonton," katanya.

Zulkifli dan penonton lainnya juga harus melewati beberapa lapis pemeriksaan. Dari pantauan Antara di lapangan, masyarakat yang datang mengantre masuk itu akan diperiksa oleh petugas di pintu masuk pertama.

Ada beberapa tahapan bagian yang harus dilewati masyarakat. Pertama, mengantre secara tertib dengan menggunakan masker dan tetap menjaga jarak serta tidak menimbulkan kerumunan. Selanjutnya, setelah melewati pintu masuk pertama, masyarakat akan diberi gelang untuk menunjukkan identitas sebagai penonton.

Kemudian, setelah memiliki gelang penonton, masyarakat harus diperiksa kembali oleh petugas seperti suhu tubuh dan barang-barang yang dibawa. Tidak lupa, sebelum memasuki pintu terakhir menuju bangku penonton, masyarakat akan diberikan tas berwarna merah berisi makanan, minuman dan snack.

Komentar

Terkait


Suasana pertunjukan kembang api saat pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Papua, Sabtu (2/10/2021). Perhelatan olahraga empat tahunan tersebut mengangkat tema

Animo Warga Papua Hadiri Pembukaan PON XX

Jembatan Youtefa di Jayapura, Papua.

Warga Menikmati Pesta Kembang Api PON di Pantai Hotlekamp

Warga menari tarian adat saat menyambut Kirab Api PON yang diselenggarakan di Dermaga Kalkhote, Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10). Api PON Papua tersebut dibawa mengelilingi Danau Sentani Kabupten Jayapura yang nantinya akan dibawa ke Stadion Lukas Enembe untuk upacara penyalaan kaldron pada pembukaan PON XX Papua. Republika/Thoudy Badai

Warga Sambut Kirab Api PON Papua di Danau Sentani Jayapura

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) berbincang dengan Ketua DPR Puan Maharani (kedua kanan), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan) saat meninjau Istora Papua Bangkit di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). Selain meresmikan Istora Papua Bangkit, Presiden Joko Widodo juga meresmikan sejumlah arena Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua.

Presiden Jokowi Resmikan Istora Papua Bangkit

Pesepak bola Jawa Timur Muhamad Idris (kanan) berebut bola dengan pemain Jawa Tengah Alfian Listiyono dalam pertandingan sepak bola PON Papua di Stadion Mahacandra, Papua, Jumat (1/10/2021). Jawa Timur menang dengan skor 3-0.

Jatim Tekuk Jateng 3-0 di Fase Grup Sepak Bola PON XX

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image