Detik-detik Jelang Upacara Pembukaan PON XX Papua Meriah

Red: Endro Yuwanto

Suasana Stadion Lukas Enembe sebelum upacara pembukaan PON Papua di Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021).
Suasana Stadion Lukas Enembe sebelum upacara pembukaan PON Papua di Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021).
Foto: ANTARA/Zabur Karuru
Sejumlah selebritas nasional dan artis Papua turut memeriahkan upacara pembukaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dimulai tepat pukul 19.00 WIT di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu (2/10). Puluhan penari menarikan tarian tradisional diikuti dengan tulisan "Selamat Datang Papua."

Video hitung mundur diputar dengan burung cendrawasih. Pada acara pra-pembukaan PON Papua ditampilkan video yang menunjukkan keindahan alam Papua, termasuk Danau Sentani, Tugu Arthur, situs Megalitik, juga kerajinan tangan, serta suguhan khas Papua, di antaranya Papeda dengan kuah kuning.

"Kota dengan keanekaragaman yang terangkai menjadi sebuah harmoni, menyambut hangat jiwa-jiwa baru yang datang," penggalan penjelasan dari video tersebut.

Upacara pembukaan PON XX menceritakan Papua masa dulu, masa kini, hingga masa yang akan datang. Tampilan pertunjukan kreatif dan budaya itu mengusung pesan kebangkitan anak-anak Papua pada masa depan.

PON Papua sekaligus menjadi momentum bagi anak-anak muda Bumi Cenderawasih untuk bangkit dan berprestasi dalam olahraga. Sejumlah selebritas nasional dan artis Papua turut memeriahkan Upacara Pembukaan PON XX di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Jayapura itu.

Mereka antara lain Raffi Ahmad, Intan Saumadina, Piter Ginuy, dan Irsa Yoku sebagai pembawa acara sebelum upacara pembukaan berlangsung. Edo Kondologit, Tulus, Ruth Sahanaya, Michael Jakarimilena, Nowela Elizabeth Auparay, dan Lea Simanjuntak akan mengisi acara, sebelum PON XX dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo.

Kemudian, terdapat pula artis Papua antara lain Vien Mangku ft. Qhiba Mansawan, Joanita Chatarine, Papua Original, Trio Papua, Albert Fakdawer, Oyandi Voice, dan Paduan Suara Gema Chandra Universitas Cenderawasih.

Sebanyak 40 ribu kursi disiapkan bagi para penonton. Jumlah itu merupakan 25 persen dari kapasitas total Stadion Lukas Enembe.

Ratusan tenaga medis juga telah bersiaga selama upacara pembukaan PON 2021 itu. Mereka disebar di sejumlah titik di area stadion seperti di pintu masuk hingga di dalam stadion.

Komentar

Terkait


Atlet wushu putra DKI Jakarta M Abdul Harist beraksi saat bertanding pada final Wushu kategori Qiang Shu Putra PON Papua di Gor Futsal Dispora, Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (1/10/2021). M Abdul Harist meraih medali perak pada pertandingan tersebut.

DKI Jakarta Akui Persaingan Wushu di PON Papua Merata

Jembatan Youtefa di Jayapura, Papua.

Warga Menikmati Pesta Kembang Api PON di Pantai Hotlekamp

Pedagang menawarkan tas noken yang merupakan tas tradisional Papua.

Tas Noken Makin Diburu Jelang Pembukaan PON XX Papua

Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi Bertolak ke Papua untuk Buka PON XX

Foto aerial kompleks Olahraga Kampung Harapan jelang pembukaan PON Papua di Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (29/9/2021). Pembukaan PON Papua akan digelar pada 2 Oktober mendatang.

Persiapan Upacara Pembukaan PON XX Papua Sudah 95 Persen

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image