Sabtu 02 Oct 2021 14:46 WIB

Perjalanan 24 Tahun Forum Zakat

Lahirnya Foz adalah penanda penguatan gerakan zakat Indonesia

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi Zakat. Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi Zakat. Republika/Thoudy Badai

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Umum Forum Zakat (Foz) Irvan Nugraha menyampaikan, Foz telah berjalan selama 24 tahun. Forum ini lahir dari kesadaran untuk memberikan kemanfaatan bagi bangsa dan kesejahteraan bagi umat dengan mengoptimalkan sumber daya zakat.

Irvan juga mengatakan, lahirnya Foz adalah penanda penguatan gerakan zakat Indonesia. Selama 24 tahun ini Foz telah ikut serta agar pengelolaan zakat bisa memberikan dampak baik dalam aspek penanggulangan kemiskinan, dan kesejahteraan umat.

"Dan juga ikut serta dalam kebijakan-kebijakan regulasi yang menghadirkan kemanfaatan hari ini," kata dia dalam acara Puncak Milad Foz 24 dengan tajuk "Diseminasi Kolaborasi Penanganan Covid-19 OPZ Anggota Forum Zakat" secara virtual, Sabtu (2/10).

Irvan melanjutkan, pengelolaan zakat di Indonesia kini semakin kuat, sistematis dan terstruktur. Di antara beberapa hal yang dilakukan yaitu dengan menjalin kolaborasi dengan stakeholder zakat dan pemerintah. Apalagi kini sudah ada SKKNI untuk melahirkan amil-amil yang tersertifikasi.

 

Dari seluruh anggota Foz, jelas Irvan, 60 persennya berskala nasional, 13 persennya berskala provinsi dan sisanya berskala kabupaten/kota. Irvan optimistis anggota Foz ini akan terus tumbuh dan semakin menguatkan pengelolaan zakat yang merata.

"Semoga kita bisa memperluas jangkauan dari para penerima manfaat dan semoga bisa menguatkan apa yang diciptakan para pendiri bangsa ini yaitu lahirnya kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia," tuturnya.

Irvan juga mengatakan, sejauh ini anggota-anggota Foz telah menjalin kekompakan dengan mitra kolaborasi sehingga dengan ini akan menghadirkan program-program yang berdampak baik bagi masyarakat. Dampak ini tentu bisa menguatkan apa yang sudah dijalankan oleh pemerintah.

"Tentu di tahun ini kami akan terus menguatkan kolaborasinya menjadi mitra bagi pemerintah dan bagi seluruh institusi yang terlibat dalam pengelolaan zakat di Indonesia," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement