Sabtu 02 Oct 2021 14:18 WIB

PM Jepang Pertahankan Menteri Pertahanan dan Pendidikan

Fumio Kishida mempertahankan Menteri Pertahanan dan Menteri Pendidikan

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Fumio Kishida
Foto: Du Xiaoyi/via AP
Fumio Kishida

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Surat kabar Jepang Mainichi melaporkan calon Perdana Menteri Fumio Kishida akan mempertahankan Menteri Pertahanan Nobuo Kishi dan Menteri Pendidikan Koichi Hagiuda di kabinetnya. Keduanya anggota faksi yang dekat dengan mantan Perdana Menteri Shinzo Abe di Liberal Democratic Party (LDP).

Kishida yang pernah menjabat sebagai menteri luar negeri dan ketua salah satu faksi partai berkuasa LDP memenangkan kursi ketua partai tersebut Rabu (29/9) lalu. Diperkirakan akan resmi dilantik sebagai perdana menteri pada Senin (4/10) mendatang. Ia sudah mengatakan akan mengumumkan reshuffle kabinet di hari yang sama.

Pada Sabtu (2/10) surat kabar Yomiuri melaporkan Shunichi Suzuki akan menggantikan saudara iparnya Taro Aso sebagai menteri keuangan. Suzuki yang tidak banyak diketahui adalah mantan menteri Olimpiade dan putra mantan Perdana Menteri Zenko Suzuki dan juga bagian dari faksi Aso di LDP.

Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi diprediksi akan tetap menjabat di kabinet yang baru. Sementara mantan menteri pendidikan pemerintah Abe, Hirokazu Matsuno diprediksi diangkat menjadi Sekretaris Kabinet. Matsuno juga faksi LDP yang dekat dengan Abe.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement