Sabtu 02 Oct 2021 12:59 WIB

Oktober Menjadi Bulan Bersejarah Bagi Muslim Kanada

Kanada memiliki perayaan khusus bagi muslim.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Oktober Menjadi Bulan Bersejarah Bagi Muslim Kanada. Foto: Masjid tertua di Vancouver, Kanada, Al Jamia Al Masjid, mulai mengumandangkan adzan untuk pertama kalinya melalui pengeras suara.
Foto: Twitter
Oktober Menjadi Bulan Bersejarah Bagi Muslim Kanada. Foto: Masjid tertua di Vancouver, Kanada, Al Jamia Al Masjid, mulai mengumandangkan adzan untuk pertama kalinya melalui pengeras suara.

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Kanada memiliki perayaan khusus bagi muslim yang hidup di negara tersebut. Dilansir di canada.ca,  tepat  pada Jumat (1/10) merupakan hari dimulainya Bulan Sejarah Islam Kanada. Perayaan ini telah berlangsung sejak tahun 2007.

Ketika itu parlemen mengumumkan secara langsung bahwa merayakan bulan bersejarah ini memiliki peranan penting bagi komunitas mislim Kanada. Karena begitu besar kontribusi mereka terhadap masyarakat Kanada secara umum.

Baca Juga

Warga Kanada memiliki kesempatan pada bulan ini untuk belajar lebih banyak tentang sejarah Islam di Kanada dan mengakui banyak pencapaian Muslim Kanada di bidang seni, olahraga, akademik, sains, sastra, dan komunitas mereka. Ini juga merupakan waktu untuk mengakui tantangan dan hambatan berkelanjutan yang dihadapi Muslim Kanada.

Tahun ini sulit bagi komunitas Muslim di seluruh Kanada, karena mereka melihat banyak hal yang terjadi. Terutama dampak dari terjadinya rasisme dan kebencian yang tak juga berkurang terhadap umat Islam.

Muslim Kanada berharap akan saling bekerja sama dengan warga di Kanada untuk memerangi segala bentuk diskriminasi, Islamofobia, dan kekerasan berbasis kebencian yang diarahkan pada komunitas Muslim di seluruh negeri. Saat ini adalah waktu untuk terus bekerja agar Kanada dapat terus menjadi negara yang penuh kasih, inklusif, dan lebih aman bagi semua orang.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, perayaan ini kini dibuat secara virtual. Bulan Sejarah Islam yang bertujuan untuk berbagi sejarah, warisan dan budaya Muslim dengan sesama warga Kanada ini diperingati dengan

Tema,  Muslim dan Masyarakat Adat: Bulan Saling Berbagi dan Penyembuhan, Menghormati Kebenaran dan Rekonsiliasi.

Tahun ini adalah tahun kedua, karena pembatasan akibat pandemi Covid-19. Sehingga acara dilakukan secara online untuk kuliah virtual dan diskusi panel. Penyelenggara mengatakan ini juga memungkinkan orang-orang dari seluruh negara (dan sekitarnya) untuk mendengarkan acara lokal dan nasional.

Acara lokal diselenggarakan melalui Islamic Society of Kingston (ISK) dan Muslim Societies, Global Perspectives (MSGP, Queen's University), dan termasuk acara  online akan disiarkan langsung  di Halaman Facebook Kingston Bulan Sejarah Islam.

Berikut jadwal Bulan Sejarah Islam. Jumat (1/10) Penerangan Balai Kota Berwarna Hijau untuk memperingati Bulan Sejarah Islam, mulai pukul 18.30. Rabu (6/10), Saya Al-Andalus: Mengapa Anda Tidak Dapat Melihat Saya? Dialog antara History and Art on Muslim Spain dengan seniman @studentAsim (penulis Tyer of Ties) dan Profesor Adnan Husain (Queen's University), mulai pukul 19:30.

Kamis (14/10), Muslim in Kingston and Beyond: A Discussion with Murray Hogben tentang bukunya Minarets on the Horizon: Muslim Pioneers in Canada (Dimoderatori oleh Drs. Shobhana Xavier dan Adnan Husain), mulai pukul 19.30. Selasa (19/10) Antara Spiritualitas Populer dan Mistisisme Islam: Menemukan tasawuf di Kanada bersama Dr. Shobhana Xavier (Universitas Ratu), mulai pukul 19:30.

Jumat (22/10), : Bagaimana Iman Mendorong Pekerjaan Kita. Perspektif dari wanita Pribumi dan Muslim (waktu dan tanggal akan dikonfirmasi). Selasa (26/10),  Tell a Story-Save a Life: Lokakarya tentang Islamofobia dengan artis @studentAsim, mulai pukul 19:30.

Kamis (28/10) Pengingat di Jalan: Dalam percakapan dengan Sheniz Janmohamed, mulai pukul 13.00. Ahad (31/10) Pemuda Muslim berbicara kepada: Kebenaran, Rekonsiliasi dan Islamofobia, dimoderatori oleh Sawsan Mohammed (Kingston) dan menampilkan siswa sekolah menengah Muslim dari seluruh negeri, mulai pukul 17.00. Acara tambahan, Penyembuhan dari Luka Kolonialisme melalui Iman. Acara ini akan tersedia di laman https://www.facebook.com/IslamicHistoryMonthCanada.

Sumber:

https://www.kingstonist.com/news/islamic-history-month-celebrates-with-virtual-events-this-october/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement