Jumat 01 Oct 2021 21:08 WIB

Oman Memprediksi Badai Tropis Shaheen akan Meningkat

Badai secara langsung akan berdampak pada wilayah pesisir termasuk ibu kota Muscat.

Rep: Mabruroh/ Red: Teguh Firmansyah
Badai (ilustrasi)
Foto: Reuters
Badai (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MUSCAT -- Otoritas Penerbangan Sipil Oman mengatakan pada Jumat (1/10) bahwa badai tropis Shaheen diperkirakan akan meningkat menjadi siklon tropis kategori 1 dalam 24 jam ke depan. Badai ini secara langsung akan berdampak pada wilayah pesisir termasuk ibu kota Muscat.

"Pusat badai berjarak sekitar 650 kilometer dari Provinsi Muscat dan pita awan konvektif terdekat yang terkait dengan badai berjarak sekitar 500 kilometer," kata pihak berwenang dalam sebuah pernyataan di Twitter yang dilansir dari Al Arabiya, Jumat (1/10).

Baca Juga

Shaheen terus bergerak menuju daerah pesisir dari Muscat utara dan Provinsi Al Batinah, yang keduanya diperkirakan akan berdampak langsung pada Ahad (3/10) besok. Termasuk angin kencang dan hujan lebat yang dapat mengakibatkan banjir bandang yang parah.

Gelombang laut diperkirakan mulai dari Sabtu malam antara selatan Al-Sharqiya ke Musandam dengan gelombang mencapai ketinggian 8 hingga 12 meter, kata Otoritas Penerbangan Sipil.

Masyarakat diimbau untuk mengambil tindakan pencegahan, dengan menjauhi daerah dataran rendah dan menghindari menyeberangi wadi, atau lembah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement