Jumat 01 Oct 2021 19:33 WIB

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Terapkan Prokes

Dengan ideologi Pancasila, bangsa Indonesia memperkokoh tegaknya NKRI

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Suasana upacara Hari Kesaktian Pancasila di Balai Kota Sukabumi, Jumat (1/10).
Foto: riga nurul iman
Suasana upacara Hari Kesaktian Pancasila di Balai Kota Sukabumi, Jumat (1/10).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Momen upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2021 tingkat Kota Sukabumi digelar dengan protokol kesehatan. Hal ini dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Upacara Bendera tersebut dipusatkan di Lapang Apel Balai Kota Sukabumi, Jumat (1/10). Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan dihadiri Ketua DPRD Kota Sukabumi Kamal Suherman, Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin, dan Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo.

'' Pelaksanaan peringatan Hari Kesaktian Pancasila berjalan khidmat dan tetap menerapkan protokol kesehatan,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Misalnya pembatasan jumlah peserta upacara dan menggunakan masker serta menjaga jarak.

Dalam momen tersebut Inspektur Upacara menyampaikan pembacaan ikrar. '' Sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,'' ujar Fahmi.

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara. Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

'' Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila,'' ungkap Fahmi. Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement