PON XX di Mimika Sempat Terganggu Pemadaman Listrik Total

Dua warga mengobrol di balik pernak-pernik PON Papua di kawasan Pasar Lama Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (28/9/2021). Berbagai pernak-pernik PON Papua terpasang di sejumlah titik di Timika untuk memeriahkan pagelaran olah raga nasional empat tahunan tersebut.
Dua warga mengobrol di balik pernak-pernik PON Papua di kawasan Pasar Lama Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (28/9/2021). Berbagai pernak-pernik PON Papua terpasang di sejumlah titik di Timika untuk memeriahkan pagelaran olah raga nasional empat tahunan tersebut.
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra

REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA -- Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, mengharapkan tidak terjadi pemadaman listrik di wilayahnya selama berlangsungnya PON XX Papua. Timika menjadi salah kota penyelenggara ajang olahraga nasional empat tahunan tersebut.

''Saya sangat berharap pasokan listrik tetap aman di Kota Timika selama PON berlangsung. Tolong jaga situasi ini dengan baik karena tamu-tamu di Timika banyak sekali,'' ujar Johannes kepada Antara di Timika, Mimika, Jumat.

Johannes Rettob mengatakan saat ini ada ribuan atlet, ofisial dan tamu dari berbagai daerah yang hadir di Timika. Mereka hadir untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan PON XX.

Pada Rabu (29/9) malam, sempat terjadi dua kali pemadaman listrik total di Kota Timika. Pemadaman listrik tersebut berlangsung cukup lama sekitar satu jam.

''Kemarin malam sempat terjadi pemadaman listrik dua kali,'' katanya. ''Durasinya lumayan cukup lama.''

Atas kejadian itu, Johannes Rettob meminta maaf kepada para tamu terutama kontingen PON dari berbagai daerah yang menginap di berbagai hotel dan non hotel di Kota Timika dan sekitarnya. ''Kami minta maaf kepada seluruh masyarakat, secara khusus kepada para atlet yang datang bertanding di Timika kalau ada kekurangan-kekurangan yang terjadi selama berada di Timika untuk mengikuti PON," ujarnya.

Pihak PLN UP3 Timika menyebut pemadaman listrik yang terjadi di Kota Timika pada Rabu (29/9) malam lantaran ada kendala teknis terkait suplai listrik dari PLTMG Pomako ke sistem PLN Timika. Selama ini PLTMG Pomako menyuplai daya listrik ke PLN UP3 Timika sebesar 10 megawatt.

"Kemarin malam itu suplai listrik dari PLTMG Pomako keluar dari sistem karena ada kendala teknis. Tapi sekarang ini sudah normal kembali dan PLN terus memperkuat cadangan daya pembangkit di Timika," demikian penjelasan pihak PLN UP3 Timika.

PT PLN (Persero) mengerahkan sebanyak 1.574 tenaga teknisi bantuan yang didatangkan dari daerah Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara. Mereka didatangkan untuk membantu jajaran PLN Papua selama penyelenggaraan PON XX Papua.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua & Nusa Tenggara PT PLN (Persero), Syamsul Huda, pun menjamin jajaran PLN di wilayah Papua sudah siap memasok daya listrik ke semua arena pertandingan tanpa ada gangguan. ''Tidak perlu khawatir suplai listrik selama penyelenggaraan PON XX Papua. Karena, teman-teman di Papua sudah berusaha semaksimal mungkin,'' kata Syamsul saat berkunjung ke Timika beberapa waktu lalu menjamin 

''Dari hasil melihat langsung ke lapangan, saya optimistis bahwa PLN mampu melayani kebutuhan listrik selama PON XX berlangsung," ujarnya saat itu.

Komentar

Terkait


Monumen kapsul waktu di Merauke, Papua, menjadi salah satu destinasi wisata Papua.

PON XX Papua Tiba, Jangan Lupa ke 'Museum Kapsul Waktu'

Pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tengah melakukan inisiasi pembentukan gerai masker di beberapa lokasi Venue Pekan Olah raga Nasional (PON) XX di Kota Jayapura.

Satgas Prokes Pastikan PON XX Aman dari Lonjakan Covid-19

Mantan atlet bulu tangkis Taufik Hidayat (kanan) dan pesepak bola Boaz Solossa (kiri) bersiap melakukan kirab Api PON Papua di kawasan Kantor Wali Kota Jayapura, Papua, Jumat (1/10/2021). Api PON Papua tiba di Kota Jayapura dan dikirab di pusat kota dan akan dilanjutkan menuju Kabupaten Jayapura.

Kirab Api PON XX Papua di Kota Jayapura

Seorang atlet bersiap berlatih di venue cabang olahraga rugbi, kompleks TNI Angkatan Udara, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (22/9/2021). Arena rugbi tersebut telah siap digunakan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua setelah pembangunannya dinyatakan rampung.

Satgas Minta Penyelenggara PON XX Terus Ingatkan Prokes

Deretan kulit buaya yang telah diwarnai

Kerajinan Kulit Buaya Jadi Pilihan Suvenir PON XX Papua

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image