PON XX Papua Tiba, Jangan Lupa ke 'Museum Kapsul Waktu'

Monumen kapsul waktu di Merauke, Papua, menjadi salah satu destinasi wisata Papua.
Monumen kapsul waktu di Merauke, Papua, menjadi salah satu destinasi wisata Papua.
Foto: Dok Kementerian PUPR

REPUBLIKA.CO.ID, MERAUKE -- Perhelatan Pekan Olahraga (PON) XX Papua tidak sekadar even pertandingan multicabang olahraga. Pesta empat tahunan itu juga bisa menjadi 'pintu' bagi orang luar untuk melihat pariwisata di Bumi Cenderawasih tersebut.

Merauke, salah satu dari empat penyelenggara PON XX, berharap pesta akbar yang akan dibuka pada Sabtu (2/10) itu dapat menggairahkan pariwisata di wilayahnya agar dikenal lebih luas. Banyak tempat wisata di Merauke yang dapat dikunjungi, salah satunya adalah Monumen Kapsul Waktu.

"Mungkin dengan adanya PON orang-orang di luar sana jadi lebih tahu dengan adanya Monumen Kapsul Waktu yang ada di Merauke," kata Relawan PON XX Papua, Jumarni saat ditemui di Monumen Kapsul Waktu, Merauke, Papua, Jumat.

Monumen Kapsul Waktu dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektare. Lokasinya di depan Kantor Bupati Merauke dan tak jauh dari Bandara Mopah.

Monumen itu menjadi ikon baru dari kota paling Timur di Indonesia. Monumen Kapsul Waktu mengusung desain arsitektur modern yang dirancang oleh arsitek Yori Antara Awal dengan mengadopsi unsur budaya asli Papua.

Bangunan berbentuk tugu tersebut terinspirasi dari menara perang Suku Dani. Seperti dikutip dari Antara, ada lima akses masuk bangunan yang merepresentasikan lima suku asli Merauke (Malind, Muyu, Mandobo, Mappi dan Auyu) sebagai penjaga tugu kapsul waktu.

Peresmian Monumen Kapsul Waktu dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada 16 November 2018. Monumen tersebut menyimpan tujuh mimpi besar pemuda Indonesia dari 34 provinsi yang akan dibuka pada 2085.

Dalam konteks PON XX Papua, Monumen Kapsul Waktu juga dilengkapi dengan aneka pernak-pernik yang berkaitan dengan perhelatan olahraga terbesar di Indonesia tersebut. Pengunjung dapat berfoto dengan latar pemandangan megah dari Monumen Kapsul Waktu atau sekadar bersantai suasana.

Untuk dapat ke area Monumen Kapsul Waktu, pengunjung tidak dikenakan biaya."Semoga tidak hanya Kapsul Waktu saja, tapi wisata lain di Merauke lebih terkenal lagi di luar sana," ujar relawan PON XX Papua lainnya, Juniarsih.

Komentar

Terkait


Pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tengah melakukan inisiasi pembentukan gerai masker di beberapa lokasi Venue Pekan Olah raga Nasional (PON) XX di Kota Jayapura.

Satgas Prokes Pastikan PON XX Aman dari Lonjakan Covid-19

Mantan atlet bulu tangkis Taufik Hidayat (kanan) dan pesepak bola Boaz Solossa (kiri) bersiap melakukan kirab Api PON Papua di kawasan Kantor Wali Kota Jayapura, Papua, Jumat (1/10/2021). Api PON Papua tiba di Kota Jayapura dan dikirab di pusat kota dan akan dilanjutkan menuju Kabupaten Jayapura.

Kirab Api PON XX Papua di Kota Jayapura

Seorang atlet bersiap berlatih di venue cabang olahraga rugbi, kompleks TNI Angkatan Udara, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (22/9/2021). Arena rugbi tersebut telah siap digunakan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua setelah pembangunannya dinyatakan rampung.

Satgas Minta Penyelenggara PON XX Terus Ingatkan Prokes

Deretan kulit buaya yang telah diwarnai

Kerajinan Kulit Buaya Jadi Pilihan Suvenir PON XX Papua

Mantan pebulu tangkis Taufik Hidayat (tengah), pesepak bola Boaz Solossa (kiri) dan mantan atlet pencak silat Lilis Karubaba (kanan) membawa api bobor PON Papua saat akan dikirab di kawasan Kantor Wali Kota Jayapura, Papua, Jumat (1/10/2021). Api PON Papua tiba di Kota Jayapura dan dikirab di pusat kota dan akan dilanjutkan menuju Kabupaten Jayapura.

Tiga Atlet Legendaris Antar Api PON ke Kota Jayapura

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image