Jumat 01 Oct 2021 18:57 WIB

Hilman Latief Diharapkan Bangun Budaya Bersih di Ditjen PHU

Dirjen PHU yang baru dilantik Hilman Latief diharapkan bangun budaya bersih

Rep: Muhyiddin/ Red: A.Syalaby Ichsan
Dirjen PHU Hilman Latief
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Dirjen PHU Hilman Latief

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Lazismu Pusat Prof Hilman Latief resmi dilantik sebagai Direktur Jenderal Haji dan Umrah Kementerian Agama RI pada Jum’at (1/10). Guru Besar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini dinilai sebagai sosok yang tepat untuk memimpin urusan haji dan umrah di Tanah Air. Hilman pun diharapkan bisa membangun budaya bersih dan profesional di lingkungan Ditjen PHU.

“Prof Hilman Latief adalah figur yang tepat untuk menjabat Dirjen Haji dan Umrah Kemenag,” ujar Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Prof Abdul Mu’ti kepada Republika.co.id, Jum’at (1/10).

Menurut Mu’ti,  Hilman adalah seorang kader Muhammadiyah yang  muda dan energik. Selama memimpin LazisMu, kata dia, Prof Hilman banyak sekali membuat terobosan yang bermakna untuk kemajuan LazisMu.“Selain meningkatkan pendapatan, Prof Hilman juga banyak membuat terobosan kebijakan dan program LazisMu,” ucapnya.

Selain itu,  Mu’ti  mengenal  Hilman sebagai sosok yang berintegritas. Karena itu, dia yakin Prof Hilman akan dapat membawa perubahan yang baik di lingkungan Direktorat Jenderal Haji dan Umrah.  “Prof Hilman adalah figur yang bersih dan berintegritas. Dengan rekam jejak itu saya percaya Prof. Hilman dapat membangun budaya bersih, profesional, dan melayani di lingkungan Dirjen Haji dan Imrah,” kata Prof Mu’ti.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang lebih dikenal dengan Gus Yaqut resmi melantik Prof Hilman Latief sebagai Direktur Jenderal Haji dan Umrah di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta, Jumat (1/10).

Kepada para pejabat yang dilantik, termasuk Prof Hilman, Gus Yaqut mengajak untuk meluruskan niat sebelum memangku jabatan, dan bersikap rendah hati. Dengan demikian, menurut dia, siapa pun tidak akan segan memberi masukan, saran atau kritik yang diperlukan bagi perbaikan dan kemajuan organisasi.

“Sebagai pimpinan, saudara-saudara akan terselamatkan dari kesalahan dan kekeliruan karena mendengarkan saran dan kritikan, bukan karena sanjungan dan pujian,” ujar Gus Yaqut.

Terdapat Empat Pejabat Eselon I yang dilantik yaitu Hilman Latief sebagai Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Muhammad Aqil Irham sebagai Kepala Badan Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (BPJPH), A.M. Adiyarto Sumardjono sebagai Staf Ahli Bidang Manajemen Komunikasi dan Informasi, dan Abu Rokhmad sebagai Staf Ahli Bidang Hukum dan HAM. Selain itu, Gus Yaqut juga melantik enam rektor baru di lingkungan Universitas Islam Negeri (UIN).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement