Satgas Prokes Pastikan PON XX Aman dari Lonjakan Covid-19

Pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tengah melakukan inisiasi pembentukan gerai masker di beberapa lokasi Venue Pekan Olah raga Nasional (PON) XX di Kota Jayapura.
Pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tengah melakukan inisiasi pembentukan gerai masker di beberapa lokasi Venue Pekan Olah raga Nasional (PON) XX di Kota Jayapura.
Foto: BNPB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Prokes) PON XX Papua memastikan acara empat tahunan tersebut aman dari lonjakan kasus Covid-19. Satgas juga memastikan perhelatan akbar tersebut menerapkan protokol kesehatan.

"Kita akan pastikan penyelenggaraan PON XX ini benar-benar menerapkan protokol kesehatan dan aman dari potensi lonjakan kasus Covid-19," ujar Ketua Satuan Tugas Prokes PON XX yang juga menjabat sebagai Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Prasinta Dewi dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat (1/10).

Pihak Satgas Prokes PON XX melakukan asistensi kepada Panitia Besar PON XX terkait penguatan protokol kesehatan selama perhelatan ini berlangsung. Mulai dari alur masuk penonton dan atlet, vaksinasi, skrining, penggunaan masker yang benar dan edukasi protokol kesehatan lain.

Untuk pembukaan PON pada Sabtu (2/10) besok, BNPB akan menyiapkan dua gerai masker dan dua mobil masker di Stadion Lukas Enembe. Total gerai masker yang dibangun di empat wilayah penyelenggaraan PON XX adalah sebanyak 24 gerai dan 8 Mobil Masker.

Menurut Prasinta, jumlah tersebut terus bertambah seiring adanya partisipasi dari instansi lain. Target masker yang akan dibagikan oleh Satgas Prokes PON XX adalah sebanyak 1 juta masker.

"Kita berharap masyarakat Papua selama PON berlangsung dan sesudahnya tidak ada kenaikan kasus Covid-19 dan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan," ujar Prasinta.

Hingga Kamis (30/9), total masker yang berhasil didistribusikan Satgas Prokes PON XX di 4 Kabupaten dan Kota di Provinsi Papua sebanyak 329.230 masker.

Komentar

Terkait


Monumen kapsul waktu di Merauke, Papua, menjadi salah satu destinasi wisata Papua.

PON XX Papua Tiba, Jangan Lupa ke 'Museum Kapsul Waktu'

Mantan atlet bulu tangkis Taufik Hidayat (kanan) dan pesepak bola Boaz Solossa (kiri) bersiap melakukan kirab Api PON Papua di kawasan Kantor Wali Kota Jayapura, Papua, Jumat (1/10/2021). Api PON Papua tiba di Kota Jayapura dan dikirab di pusat kota dan akan dilanjutkan menuju Kabupaten Jayapura.

Kirab Api PON XX Papua di Kota Jayapura

Guru mengawasi jalannya pelaksanaan protokol kesehatan selama PTM terbatas (ilustrasi).

Pemkot Denpasar Gelar PTM Terbatas

Pelajar bersiap menaiki bus sekolah usai mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) di SMK Negeri 15 Jakarta, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (3/9). Dinas Perhubungan DKI Jakarta melalui Unit Pengelola (UP) Angkutan Sekolah mengoperasikan sebanyak 70 bus sekolah untuk membantu sarana transportasi gratis bagi pelajar yang mengikuti PTM secara terbatas yang melayanai 20 rute reguler dan 13 rute zonasi. Republika/Thoudy Badai

SMK 13 Jakbar Perketat Prokes Pada Pelaksanaan PTM

Petani merawat tanaman stroberi tempat wisata petik buah stroberi di kawasan Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur (ilustrasi)

Wisatawan Wajib Pakai Aplikasi PeduliLindungi di Probolinggo

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image