Jumat 01 Oct 2021 16:22 WIB

Satgas Minta Penyelenggara PON XX Terus Ingatkan Prokes

Penyelenggara PON XX harus terus ingatkan prokes Covid-19

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: A.Syalaby Ichsan
Seorang atlet bersiap berlatih di venue cabang olahraga rugbi, kompleks TNI Angkatan Udara, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (22/9/2021). Arena rugbi tersebut telah siap digunakan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua setelah pembangunannya dinyatakan rampung.
Foto: Antara/Gusti Tanati
Seorang atlet bersiap berlatih di venue cabang olahraga rugbi, kompleks TNI Angkatan Udara, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (22/9/2021). Arena rugbi tersebut telah siap digunakan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua setelah pembangunannya dinyatakan rampung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Letjen TNI Ganip Warsito, meminta penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX untuk selalu mengingatkan penonton yang hadir di tempat penyelenggaraan untuk tetap menjaga disiplin protokol kesehatan (prokes).

Ia pun meminta pertandingan-pertandingan yang berpotensi didatangi banyak penonton untuk diperhatikan agar jumlah penonton sesuai kapasitas tempat penyelenggaraan yang digunakan."Saya minta untuk penyelenggara, selalu diingatkan kepada para penonton yang hadir untuk selalu menjaga disiplin protokol kesehatan. Jangan lupa pakai masker, jaga jarak, dan hindari kerumunan," ujar Ganip dalam siaran pers, Jumat (1/10).

Hal tersebut dia sampaikan saat melakukan peninjauan lokasi yang dijadikan tempat untuk menyelenggarakan pertandingan PON XX, pada Kamis (30/9) lalu. Terdapat tiga venue yang sudah dilakukan peninjauan, yakni venue cabang olahraga (cabor) tenis, venue cabor dayung, dan venue sepak bola putra yang terletak di Kota Jayapura, Papua.

Dia meminta disiplin prokes terus digalakkan karena melihat antusiasme para warga yang cukup tinggi apabila ada pertandingan sepak bola berlangsung. Antusiasme itu semakin menjadi-jadi ketika tim tuan rumah sedang bertanding. Untuk itu, dia juga mengingatkan agar jumlah penonton tetap dapat diatur dari kapasitas stadion yang ada.

Sementara di venue tenis, dia melihat alur masuk para penonton yang terlebih dahulu dilakukan screening awal oleh pihak penyelenggara. Salah satu syarat bagi para penonton yang akan hadir harus membawa surat bebas Covid-19 melalui tes antigen. Di lokasi pintu masuk venue juga disediakan tes antigen bagi para penonton dan staff yang belum melakukan tes sebelumnya.

"Betul, harus swab terlebih dahulu atau membawa surat hasil negatif tes antigen 1x24 jam untuk masuk jadi penonton," ujar koordinator keamanan di lokasi tersebut, Made, saat melaporkan situasi dan kondisi terkini kepada Ganip.

Ganip pada kegiatan tersebut menyempatkan melihat gerai masker yang diinisiasi BNPB di tiap lokasi venue yang dikunjunginya. Sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan pun tak luput dari peninjauan Ganip. Menurut dia, di setiap pintu masuk sudah terdapat tempat untuk cuci tangan dan hand sanitizer di beberapa titik lokasi venue. Namun masih terdapat venue yang belum menepatkan alat pengukur suhu didepan pintu masuk.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement