Venue Cabor Binaraga PON XX Papua Melebihi Kejuaraan Asia

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto

Salah satu sudut Universitas Cendrawasih, Jayapura, Papua.
Salah satu sudut Universitas Cendrawasih, Jayapura, Papua.
Foto: Istimewa
Venue cabor binaraga PON XX Papua adalah venue yang paling mewah di Kota Jayapura.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Pusat Perkumpulan Binaraga Fitness Indonesia (PP PBFI) pimpinan Irwan Alwi sudah menunjukkan eksistensinya dengan menjadikan pertandingan cabang olahraga (cabor) binaraga Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua berbeda dengan PON-PON sebelumnya. Venue yang dipasang di Auditorium Universitas Cenderawasih Jayapura, Papua, untuk pertandingan 4 Oktober 2021 nanti sangat mewah dan berstandar internasional.

Panggungnya dipasang berukuran 12x7 meter dilengkapi fasilitas LED utama ukuran 4x6 meter (posisi di tengah) plus LED ukuran 3x4 meter (posisi di sebelah kanan dan kiri). Serta dilengkapi dengan sound system kekuatan 10 ribu watt dan lighting khusus pertandingan binaraga.

"Venue cabor binaraga PON XX Papua adalah venue yang paling mewah di Kota Jayapura. Panggungnya berstandar internasional melebihi panggung Kejuaraan Binaraga Asia. Semua ini terwujud berkat dukungan Kemenpora, KONI Pusat, dan Panitia Besar PON XX Papua dan Pengprov PBFI Papua. Yang pasti, cabor binaraga siap manggung," kata Irwan Ali yang didampingi Ketua Panitia Pelaksana Cabor PON XX Papua, Willy P Watory, saat memantau persiapan.

Willy menjelaskan, pengerjaan panggung sudah dalam tahap penyelesaian dan diupayakan sudah selesai sebelum pertandingan. Ia juga menyebut panitia lokal yang juga melibatkan mahasiswa sudah siap mendukung kesuksesan pelaksanaan pertandingan cabor binaraga PON XX Papua.

"Event binaraga PON XX Papua harus sukses. Dan, saya yakin panitia lokal dan panitia pusat bisa saling bergandengan tangan dalam mewujudkannya," kata Willy yang juga menjabat sebagai Sekum Pengprov PBFI Papua.

Untuk mensukseskan pertandingan cabor binaraga PON XX Papua, Irwan Alwi dan Willy P Watory memberikan pengarahan kepada seluruh panitia yang hadir dalam rapat panitia, Jumat, 1 Oktober 2021. Mereka diminta untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing yang telah diberikan ketua panitia pelaksana pertandingan cabor PON Papua XX.

"Kesuksesan pertandingan binaraga PON XX Papua ini hanya bisa terwujud jika semua anggota panitia bekerja dengan maksimal. Jadi, teman-teman panitia harus memahami tugas dan tanggung jawabnya masing-masing," kata Irwan dalam keterangan tertulisnya.

Cabor binaraga PON XX Papua akan mempertandingkan 7 kelas dan memperebutkan 7 medali emas. Tadinya, sebanyak 45 atlet binaraga dari 16 Pengprov PBFI sudah terdaftar. Namun, jumlah itu berkurang menjadi 43 atlet karena 2 atlet menolak untuk mengikuti prosedur pemeriksaan doping yang ditetapkan PP PBFI.

Sampai saat ini, 15 kontingen binaraga telah tiba di Jayapura, Papua. Kini, hanya tinggal menunggu kedatangan Kontingen Binaraga Sumatra Barat yang rencananya tiba di Jayapura, Sabtu, 2 Oktober 2021.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Komentar

Terkait


Mantan pebulu tangkis Taufik Hidayat (tengah), pesepak bola Boaz Solossa (kiri) dan mantan atlet pencak silat Lilis Karubaba (kanan) membawa api bobor PON Papua saat akan dikirab di kawasan Kantor Wali Kota Jayapura, Papua, Jumat (1/10/2021). Api PON Papua tiba di Kota Jayapura dan dikirab di pusat kota dan akan dilanjutkan menuju Kabupaten Jayapura.

Tiga Atlet Legendaris Antar Api PON ke Kota Jayapura

Petenis Jawa Timur Aldila Sutjiadi mengembalikan bola ke arah lawannya petenis Papua Novela Rezha dalam partai semi final tenis beregu putri PON Papua di Jayapura, Papua, Kamis (30/9/2021). Jawa Timur berhasil melaju ke final setelah menang dengan skor 2-1.

Dua Petenis Tunggal Putra Papua Lolos 16 Besar

BNPB dan Satgas Penanganan Covid-19 Nasional kali ini memberikan pembekalan kepada 108 relawan di Kabupaten Merauke jelang PON XX Papua. Peningkatan kapasitas relawan ini untuk mendukung penguatan protokol kesehatan (prokes) selama pesta olahraga di tengah pandemi Covid-19.

Panitia Perlu Tindak Tegas Pelanggar Prokes PON Papua

Foto aerial Stadion Katalpal di Kabupaten Merauke, Papua, Rabu (22/9/2021). Stadion tersebut merupakan salah satu venue pada PON Papua di Merauke.

Venue PON XX Disebut Berada di Zona Aman Covid-19

Pebola voli putra Jawa Timur Yida Mardiansyah (kanan) melakukan smes ke arah sisi lapangan tim Sumatera Utara pada penyisihan grup Bola Voli putra PON Papua di GOR Voli Indoor Koya Koso, Kota Jayapura, Papua, Kamis (30/9/2021). Tim bola voli putra Jawa Timur berhasil mengalahkan Sumatera Utara dengan skor 25-18, 29-27 dan 25-22.

Tim Bola Voli Putra Jawa Timur Menang Atas Sumatera Utara

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image