Jumat 01 Oct 2021 14:27 WIB

UE Tunda Pembicaraan Dagang dengan Australia

Hal itu akibat Australia membatalkan kesepakatan produksi kapal selam dengan Prancis.

Bendera Australia. Uni Eropa menunda pembicaraan kesepakatan dagang dengan Australia.
Foto: abc
Bendera Australia. Uni Eropa menunda pembicaraan kesepakatan dagang dengan Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Menteri Perdagangan Australia Dan Tehan mengatakan, pembicaraan dengan Uni Eropa (UE) mengenai kesepakatan perdagangan telah ditunda.

Penundaan disebabkan perselisihan yang memanas terkait keputusan pemerintah Australia membatalkan kesepakatan pembuatan kapal selam senilai 40 miliar dolar AS (sekitar Rp 662,51 triliun) dengan Prancis. Australia pada September membatalkan kesepakatan dengan perusahaan kontraktor pertahanan Prancis Naval Group untuk membangun armada kapal selam konvensional.

Baca Juga

Sebaliknya, Australia akan membangun setidaknya delapan kapal selam bertenaga nuklir dengan menggunakan teknologi Amerika Serikat dan Inggris setelah mencapai kemitraan keamanan trilateral (AUKUS) dengan kedua negara tersebut. Pembatalan kesepakatan itu membuat marah Prancis, yang menuduh Australia dan Amerika Serikat menikamnya dari belakang. Selanjutnya, pemerintah Prancis menarik duta besarnya dari Canberra dan Washington.

Sebagai solidaritas dengan Prancis, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mempertanyakan apakah EU dapat mencapai kesepakatan perdagangan dengan Australia. Pada Jumat (1/10), Mendag Australia Dan Tehan menolak untuk mengomentari dampak dari pembatalan kesepakatan kapal selam itu terhadap penundaan pembicaraan kesepakatan perdagangan dengan EU.

Namun, dia mengonfirmasi putaran ke-12 pembicaraan yang dijadwalkan pada 12 Oktober ditunda selama sebulan. "Saya akan bertemu dengan mitra Uni Eropa saya Valdis Dombrovskis pekan depan untuk membahas putaran negosiasi ke-12, yang sekarang akan berlangsung pada November, bukan Oktober," kata Tehan dalam pernyataan kepada Reuters.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement