Jumat 01 Oct 2021 10:52 WIB

Doa Agar Dimudahkan dalam Atasi Kesulitan

Cara pengamalannya adalah dengan membaca ayat ini sebanyak-banyaknya,

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Surat Al Baqarah memiliki banyak keutamaan. Salah satu keutamaan mengamalkan surat Al Baqarah adalah sebagai ikhtiar untuk memohon kepada Allah agar beban dan kesulitan hidup terurai. Bahkan, dalam surat ini terdapat ayat yang berisi doa untuk tujuan tersebut.

Dalam buku Rahasia Keutamaan Surat Al-Qur’an terbitan Rene Islam, Muhammad Zaairul Haq telah menjelaskan cara pengalamannya agar terlepas dari beban hidup. Menurut dia, orang yang ingin mengamalkannya harus membaca ayat ini sebanyak mungkin secara istikamah.

Baca Juga

Berikut ayatnya,

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.” (QS Al Baqarah [2]: 286).

Selain itu, menurut Zaairul, di dalam surat Al Baqarah juga terdapat satu ayat yang dapat dijadikan doa untuk memohon keteguhan hati. Cara pengamalannya adalah dengan membaca ayat ini sebanyak-banyaknya, disertai niai berdoa kepada Allah Swt.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement