Kamis 30 Sep 2021 23:58 WIB

KKP Dorong Percepatan Vaksinasi Bagi Nelayan

KKP berupaya tingkatkan minat nelayan ikut vaksinasi lewat pembagian sembako

Vaksinasi bagi masyarakat pesisir termasuk nelayan (ilustrasi)
Foto: Antara/Kornelis Kaha
Vaksinasi bagi masyarakat pesisir termasuk nelayan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Kementerian Keluatan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia terus mendorong percepatan vaksinasi bagi para nelayan guna membantu mereka bangkit dari pandemi COVID-19. Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Muhammad Zaini Hanafi mengatakan, pihaknya berupaya mengadakan sosialisasi agar para nelayan mau mengikuti program vaksinasi dari pemerintah.

"Kita upayakan agar vaksinasi ini juga menyentuh ke seluruh lapisan masyarakat. Terbukti vaksinasi di beberapa pelabuhan dan daerah pesisir berhasil dilakukan," kata Zaini dalam acara dialog KPCPEN secara daring di Kendari, Kamis.

Untuk menarik minat masyarakat khsusnya nelayan pihaknya memberikan bantuan berupa sembako. Bantuan itu diharapkan dapat meringankan beban ekonomi.

Zaini menyampaikan pihaknya juga memberikan memberdayakan nelayan, mengingat mereka juga terdampak akibat wabah pandemi COVID-19. Salah satu pemberdayaan yang akan diberikan yakni membekali anak istri mereka dengan berbagai keterampilan sehingga bisa menutupi kebutuhannya saat para kepala keluarga tidak melaut.

"Untuk bantuan kepada nelayan kita juga terus lakukan pemberdayaan, contonya peningkatan usaha nelayan melalui kelembagaan," ujar dia.

Para keluarga nelayan diimbau agar memiliki lembaga atau koperasi sehingga mereka bisa mengembangkan usahanya setelah mendapatkan bantuan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement