Jumat 01 Oct 2021 03:40 WIB

Monash University Dorong Kolaborasi Riset dengan Akademisi

Sebagai kampus asing pertama di Indonesia, Monash University ajak kolaborasi.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Mas Alamil Huda
Monash University
Foto: uniaustralia.com
Monash University

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chief Operation Officer Monash University Indonesia, Tantia Dian Permata Indah, menyatakan, sebagai perguruan tinggi asing pertama di Indonesia, pihaknya akan mendorong kolaborasi riset dan kemitraan dengan komunitas akademisi. Reputasi Monash University yang unggul, kata dia, diharapkan dapat memperkuat hubungan riset dan pendidikan antara Australia dan Asia.

"Sebagai kampus asing pertama yang beroperasi di Indonesia, Monash University Indonesia akan mendorong kolaborasi riset dan kemitraan dengan komunitas akademisi, menghadirkan program pengembangan profesional lanjutan untuk para mahasiswa pascasarjana dan menciptakan berbagai peluang kemitraan komersial untuk industri," kata Tantia dalam konferensi pers, Kamis (30/9).

Menurut Tantia, dengan hadirnya Monash University di Indonesia, maka para mahasiswa Indonesia kini memiliki akses terhadap pendidikan pascasarjana kelas dunia. Dia menerangkan, nantinya para alumni Monash University akan turut membantu ekosistem yang ada dalam proses pembangunan Indonesia ke arah yang lebih baik ke depan.

"Seluruh ekosistem yang terdiri dari industri, akademisi, pemerintah, dan alumni akan bahu membahu untuk menciptakan dampak yang istimewa dalam proses pembangunan Indonesia,” kata Tantia.

Monash University tak lama lagi akan menggelar perkuliahan untuk pertama kalinya. Terdapat empat jurusan yang dapat dipilih oleh para mahasiswa program pascasarcana dan doktoral nantinya, yang secara khusus dirancang untuk mendidik tenaga kerja Indonesia agar dapat berkontribusi lebih dalam membangun bangsa.

"Untuk saat ini, pada 2021, ada empat jurusan yang ditawarkan, yakni Sains Data, Kebijakan Publik, Desain Perkotaan, dan Inovasi Bisnis," ungkap Pro Vice-Chancellor and President (Rektor) Monash University Indonesia, Andrew MacIntyre.

Andrew mengungkapkan, Monash University Indonesia merupakan kampus pascasarjana. Secara total ada empat program yang dihadirkan, yakni program master, doktoral, eksekutif, dan micro-credential. Dia menyatakan, program dan jurusan yang diadakan di Indonesia ini merupakan program yang memang sudah amat dikuasai oleh Monash University selama ini.

"Visi bersama antara Monash University dan pemerintah Indonesia adalah menciptakan berbagai pengetahuan yang dapat berkontribusi secara luas terhadap pembangunan sektor sosial, teknologi dan ekonomi di Indonesia,” kata Andrew.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement