Kamis 30 Sep 2021 15:16 WIB

Rambut Anda Rontok dan Menipis? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Penting bagi wanita menyadari banyak alasan mengapa mereka mengalami kerontokan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Rambut rontok
Foto: webmd
Rambut rontok

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kerontokan rambut merupakan masalah umum yang dihadapi para wanita. Berbagai cara dilakukan untuk mengatasi masalah rambut yang kian menipis.

Sekitar setengah dari semua wanita akan mengalami beberapa elemen rambut rontok pada usia 50 tahun dan pada usia 60 tahun. "Sekitar 80 persen wanita akan mengalami beberapa rambut rontok,” ujar Glynis Ablon, MD, seorang profesor klinis asosiasi di University of California di Los Angeles dan dokter kulit di Ablon Skin Institute and Research Center di California.

Dilansir dari laman Everyday Health, Direktur Pusat Kesehatan Wanita di Mayo Clinic dan Direktur medis NAMS, Stephanie S Faubion, MD, mengatakan berbagai perawatan tersedia untuk mengatasi kerontokan rambut pada wanita menopause. “Ada perbaikan sederhana untuk kerontokan rambut pada wanita, tapi kita tidak boleh berasumsi itu selalu menjadi alasan kerontokan rambut, terkadang ada masalah mendasar yang menyebabkan kondisi tersebut,” kata dr Faubion.

Jenis kerontokan rambut yang paling umum pada wanita disebut androgenetic alopecia atau kerontokan rambut pola wanita (FPHL). Folikel rambut menyusut, menyebabkan rambut menjadi lebih tipis dan halus, dengan penurunan jumlah rambut secara keseluruhan. Fase pertumbuhan rambut juga semakin pendek dan semakin sedikit rambut yang berada dalam fase pertumbuhan aktif.

“Biasanya pada pola kerontokan rambut pada wanita, garis rambut frontal tetap hampir sama, tapi dapat terjadi pelebaran bagian dan penipisan rambut di bagian tengah,” kata dokter kulit di Mayo Clinic, Alison Bruce, MBChB. 

Bruce mengatakan, jika Anda terganggu oleh penipisan rambut atau kerontokan rambut Anda, kunjungan ke dokter perawatan primer Anda adalah tempat yang bagus untuk memulai. “Kemungkinan kerontokan rambut pada wanita mungkin menjadi penyebabnya, tapi pemeriksaan klinis dapat mengkonfirmasi hal ini,” kata dia.

Apabila kerontokan rambut tidak mengikuti penampilan khas pola kerontokan rambut pada wanita, dokter Anda kemungkinan akan melakukan beberapa tes untuk mencari penyebab potensial. “Penting bagi wanita untuk menyadari banyak alasan mengapa mereka mengalami kerontokan rambut dipengaruhi oleh genetika dan proses penuaan,” kata Bruce. 

Penyebab genetika tidak berarti bahwa itu adalah sesuatu yang Anda warisi langsung dari ibu atau ayah Anda. “Ada beberapa gen berbeda yang terkait dengan kerontokan rambut, dan ini adalah interaksi yang sangat kompleks dari banyak gen. Anda tidak boleh berasumsi bahwa Anda telah melakukan sesuatu yang menyebabkan kerontokan rambut Anda, terutama jika Anda sehat,” kata Bruce.

"Stres yang ekstrem bisa menjadi masalah dan menyebabkan rambut rontok,” tambah Faubion.

Kondisi ini disebut telogen effluvium, dan untungnya rambut rontok yang disebabkan oleh hal itu bersifat sementara. Semua folikel rambut berada dalam siklus dan stres fisik atau emosional yang signifikan dapat mendorong lebih banyak folikel dari biasanya ke fase istirahat, yang dapat menyebabkan sejumlah besar rambut rontok pada satu waktu. "Butuh beberapa saat setelah stres itu agar siklus kembali normal," kata dia.

Rambut rontok mungkin juga terkait dengan perubahan hormon. Androgen (sekelompok hormon yang mencakup testosteron dan androstenedion) tidak meningkat selama transisi menopause. Namun rasio antara estrogen dan androgen berubah sehingga Anda memiliki lebih sedikit estrogen dan relatif lebih banyak androgen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement