Kamis 30 Sep 2021 16:20 WIB

Kondisi Kesehatan yang Bisa Dipantau dari Kondisi Gigi-Gusi

Kondisi gigi ada kaitannya dengan kondisi kesehatan seseorang.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Menyikat gigi. Kondisi gusi dan gigi seseorang dapat mencerminkan status kesehatannya.
Foto: EPA
Menyikat gigi. Kondisi gusi dan gigi seseorang dapat mencerminkan status kesehatannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kondisi gigi dapat menunjukkan sesuatu yang tidak beres dengan tubuh. Mengawasi kesehatan dan perubahan di mulut sangat penting, salah satunya dengan rutin melakukan kunjungan ke dokter gigi.

Para ahli di ExpressDentist membagikan lima hal yang harus diperhatikan karena bisa menjadi kunci dalam mendeteksi masalah kesehatan tertentu. Dilansir The Sun pada Kamis (30/9), berikut beberapa kondisi utama yang dapat diperingatkan oleh gigi.

Baca Juga

1. Anemia dan gusi pucat

Secara alami, warna gusi memang bervariasi. Ada gusi yang tampak lebih pucat atau lebih gelap daripada yang lain.

Terlepas dari itu, gusi pucat juga dapat disebabkan oleh anemia. Kondisi ini paling sering terjadi karena kekurangan zat besi.

Orang cenderung tidak memerhatikan kondisi gusinya, kecuali kalau terasa sakit atau berdarah. Namun, jika Anda melihat gusi tiba-tiba tampak pucat dan ada gejala lain yang menyertai, seperti merasa lelah atau pusing, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

2. Gangguan pencernaan dan email gigi

Asam lambung yang mengenai gigi dapat melarutkan lapisan keras email. Waspadai kalau Anda mendapati ada perubahan warna, bentuk, translusensi, atau sensitivitas gigi.

Perubahan tersebut dapat memberikan petunjuk tentang masalah kesehatan mendasar yang dapat menyebabkan terjadinya pembusukan gigi dan kehilangan gigi dari waktu ke waktu. Gejala ini harus diwaspadai semua orang.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement