Kamis 30 Sep 2021 14:58 WIB

NASA Padamkan Komunikasi dengan Robot-Robot di Mars

Mars akan mengalami konjungsi matahari pada bulan Oktober.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Perseverance, rover yang digunakan untuk mengambil sampel batu di Mars.
Foto: nasa
Perseverance, rover yang digunakan untuk mengambil sampel batu di Mars.

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Badan Antariksa Amerika (NASA) berencana untuk menghentikan sebagian besar upaya eksplorasi robot Mars pada bulan Oktober. Hal ini lantaran posisi Planet Merah yang kurang menguntungkan. 

Pada 7 Oktober, Mars akan mencapai posisi dalam orbitnya yang disebut konjungsi matahari. Peristiwa ini terjadi setiap dua tahun ketika planet bergerak di belakang matahari dari sudut pandang Bumi. 

 

Menurut NASA, atmosfer luar matahari yang panas, atau korona, yang terletak di garis pandang, dapat mengganggu komunikasi antarplanet.

 

"Itu dapat merusak perintah dan mengakibatkan perilaku tak terduga dari penjelajah luar angkasa kami," kata NASA dalam sebuah pernyataan, dilansir di Space, Rabu (29/9).

 

NASA merujuk pada tiga pengorbit, dua penjelajah, satu pendarat, dan satu helikopter yang semuanya melakukan operasi dari Planet Merah. 

 

Konjungsi matahari juga akan mempengaruhi misi lain di Mars dari Eropa, China dan India, meskipun badan-badan tersebut belum merinci rencana mereka untuk periode konjungsi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement