Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

1,2 Juta Warga Tangerang Sudah Divaksinasi Covid-19

Kamis 30 Sep 2021 10:40 WIB

Rep: Eva Rianti/ Red: Bilal Ramadhan

Dua badut  membawa plakat kampanye bertuliskan

Dua badut membawa plakat kampanye bertuliskan

Foto: EPA-EFE/BAGUS INDAHONO
Pemkot juga menggencarkan pelaksanaan vaksinasi dengan sistem jemput bola.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – Dinas Kesehatan Kota Tangerang mencatat, jumlah warga Kota Tangerang yang sudah divaksinasi Covid-19 mencapai hingga 1,2 juta jiwa. Angka tersebut menunjukkan realisasi vaksinasi Covid-19 di Kota Tangerang menyentuh angka lebih dari 80 persen dari target sekitar 1,5 juta jiwa.

“Per 28 September 2021, capaian vaksinasi sudah 1.200.576 jiwa atau 81,2 persen pada dosis satu dan 679.205 jiwa atau 45,9 persen pada dosis dua,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni dalam keterangannya, Rabu (29/9).

Dini menuturkan, Pemerintah Kota Tangerang terus menggencarkan kegiatan vaksinasi bagi warga Kota Tangerang di berbagai sentra vaksinasi massal serta titik-titik vaksinasi di tingkat RW se-Kota Tangerang melalui program 'Bulan Vaksinasi'.

Selain itu, pihaknya juga tengah menggencarkan pelaksanaan vaksinasi dengan sistem jemput bola atau door to door. Dia mengatakan, vaksinasi secara door to door sudah digelar sekitar dua pekan lalu.

Cara tersebut dinilai efektif lantaran para petugas dapat langsung menyisir secara lebih tepat sasaran. Terlebih, cara tersebut juga dapat menjangkau warga yang kesulitan untuk datang langsung ke gerai vaksinasi yang disediakan.

“Vaksinasi door to door juga ditujukan untuk menjangkau mereka yang tinggal di pemukiman padat penduduk, dan jauh dari informasi. Pastinya, melalui sistem door to door ini, Pemkot Tangerang ingin memberikan hak warga negara atau hak masyarakat untuk mendapat vaksin secara mudah dan cepat,” jelasnya.

Dini memastikan cara tersebut akan terus dilakukan hingga capaian vaksinasi di Kota Tangerang bisa rampung hingga 100 persen. Dengan demikian, target untuk menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity di wilayah penyangga Ibu Kota tersebut dapat tercapai.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA