Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Rekor Impresif Benzema di Balik Kekalahan Real Madrid

Kamis 30 Sep 2021 00:33 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Striker Real Madrid, Karim Benzema.

Striker Real Madrid, Karim Benzema.

Foto: AP /Jose Breton
Karim Benzema masuk daftar pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Real Madrid dipermalukan tim debutan di pentas Liga Champions, Sheriff Tiraspoll. Menjamu klub asal Moldova itu di Stadion Santiago Bernabeu, Los Blancos menyerah, 1-2, dalam laga kedua penyisihan Grup D Liga Champions, Rabu (29/9) dini hari WIB.

Madrid dikejutkan lewat gol sundulan Jasurbek Yakshiboev pada menit ke-25. Los Blancos baru bisa membalas lewat gol penalti pada menit ke-65. Karim Benzema, yang dipercaya sebagai algojo tendangan penalti tersebut, melakoni tugasnya dengan baik.

Namun, upaya Madrid untuk berbalik unggul malah berujung kekecewaan. Sepakan kaki kiri Sebastian Thiell dari luar kotak penalti, setelah menerima sodoran umpan Adama Traore, berhasil merobek gawang Madrid pada menit ke-89. Gol ini akhirnya mengantarkan Sheriff Tiraspoll meraih kemenangan bersejarah di markas Real Madrid sekaligus memimpin klasemen sementara Grup D.

Kendati Madrid gagal meraih kemenangan, ada rekor tersendiri yang berhasil dipecahkan Karim Benzema di laga ini. Golnya pada menit ke-65 membawa penyerang asal Prancis itu melewati torehan gol salah satu striker legendaris Real Madrid, Raul Gonzalez, dalam daftar pencetak gol terbanyak di sepanjang sejarah Liga Champions.

''Total, Benzema telah mencetak 72 gol dari 131 penampilan di ajang Liga Champions, baik saat masih memperkuat Lyon ataupun Real Madrid. Koleksi gol ini membawa Benzema menempati peringkat keempat dalam daftar pencetak gol terbanyak di sepanjang sejarah Liga Champions,'' tulis laporan Marca, Rabu (29/9).

Benzema unggul satu gol atas Raul, yang mencetak 71 gol dari total 142 penampilannya di kasta tertinggi kompetisi antarklub Eropa tersebut. Eks striker timnas Spanyol itu diketahui menyumbang 66 gol saat memperkuat Real Madrid dan lima gol kala berseragam Schalke 04 di pentas Liga Champions.

Di daftar pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Liga Champions, eks striker Olimpique Lyon itu hanya terpaut tiga gol dari striker Bayern Muenchen, Robert Lewandowksi, yang berada di peringkat ketiga.

Posisi teratas masih ditempati eks rekan setim Benzema di Real Madrid, Cristiano Ronaldo, dengan koleksi 135 gol. Sedangkan di tempat ketiga diisi oleh bintang Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi, yang telah mencetak 121 gol di kancah Liga Champions.

Kendati begitu, Benzema tercatat menjadi pemain asal Prancis paling produktif di kancah Liga Champions. Eks striker Arsenal, Thierry Henry, menjadi pemain asal Prancis yang paling mendekati catatan gol Benzema dengan koleksi 50 gol dari 112 kali kesempatan tampil di kancah Liga Champions.

Benzema memang mengawali musim ini dengan begitu apik. Penyerang berusia 33 tahun tercatat telah mengemas sembilan gol dan tujuh assist dari sembilan penampilan di semua ajang pada musim ini. Dengan koleksi delapan gol dari tujuh laga, Benzema pun berada di posisi teratas daftar top skorer sementara La Liga Spanyol.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA