Rabu 29 Sep 2021 19:09 WIB

Ada 200 Manusia Silver di Depok Berkeliaran di Jalan

Kegiatan manusia silver tersebut yakni mengemis dan mengamen.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Sejumlah pengamen anak manusia silver sedang beraksi di jalanan (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Sejumlah pengamen anak manusia silver sedang beraksi di jalanan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mencatat setidaknya ada 200 manusia silver yang berkeliaran di jalan di Kota Depok. Kegiatan manusia silver tersebut yakni mengemis dan mengamen.

Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait mengatakan, kegiatan manusia silver itu kebanyakan mengemis dan mengamen di jalan. Hal itu dikarena desakan ekonomi karena pandemi Covid-19. 

Baca Juga

"Bahkan, manusia silver tak jarang melibatkan bayi, anak hingga orang tua. Dari data yang dikumpulkan dari berbagai sumber manusia silver, ada banyak bermunculan sejak pandemi Covid-19," ujar Arist dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Rabu (29/9).

Dari data KPAI, sebelumnya rata-rata manusia silver berasal dari profesi pemulung, mantan sopir angkot dan mantan pedagang kaki lima. Hal ini memang dilakukan dengan terpaksa agar dapat bertahan hidup. 

"Perpindahan profesi secara otomatis menyatakan ada keuntungan besar yang ditawarkan menjadi manusia silver sehingga berimigrasi untuk mendapatkan keuntungan yang berbeda dari profesi sebelumnya. Semuanya terpaksa beralih profesi. Pasti ada keuntungan yang berbeda," jelas Arist.

Menurut Arist, penanganan terhadap manusia silver yang belakangan banyak bermunculan tidak bisa melalui pendekatan kriminalitas. Melainkan, melalui pendekatan kemanusiaan dan mencari akar permsalahannya, sehingga pencegahan merebaknya manusia silver bisa berjalan efektif.

"Keberadaan manusia silver menjadi masalah kesejahteraan sosial yang harus segera dibenahi Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, dengan mencari akar permasalahan hingga memberikan solusi yang tepat agar terus tidak menjamur," tuturnya.

Ia juga menyarankan agar pemerintah dapat mengadopsi atau merawat manusia silver tersebut, yang memang ekonominya berada di bawah sehingga terpaksa menjadi manusia silver. "Demi kepentingan terbaik dan masa depan anak Depok, Pemerintah wajib mengalokasikan dana yang cukup memadai untuk pelayanan sosial kemanusiaan," jelasnya.

Kepala Satpol PP Kota Depok, Lienda Ratnanurdiany mengatakan telah melakukan razia pada bulan Februari lalu, dengan menyambangi titik yang kerap menjadi area manusia silver beraktifitas. "Kebanyakan mereka berkegiatan di lampu merah dan perputaran arah. Cukup banyak juga mereka berada di Jalan Margonda dan Jalan Juanda. Kami rutin melakukan razia, yang terjaring razia kami data dan diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok untuk ditangani permasalahannya," ungkapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement