Rabu 29 Sep 2021 17:07 WIB

Cara Agar Perut Kenyang Tahan Lama

Rasa kenyang lebih lama bisa membantu menjaga berat badan.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Rasa kenyang lebih lama bisa membantu menjaga berat badan.
Foto: www.freepik.com.
Rasa kenyang lebih lama bisa membantu menjaga berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otak dan usus ternyata memiliki andil dalam menentukan rasa kenyang. Usus dan otak memiliki semacam 'koneksi' untuk menentukan rasa kenyang. Namun, bagaimana tepatnya hal ini bisa terjadi?

"Umumnya tubuh memproduksi ghrelin atau semacam hormon lapar, nantinya hormon ini yang memberi sinyal ke otak bahwa tubuh merasa lapar atau haus," ujar Ahli Diet dari Lenox Hill Hospital New York Jonahan Purtell, dilansir dari healthdigest, Rabu (29/9).

Baca Juga

Purtell mengatakan, begitu makanan masuk ke perut, produksi enzim dan hormon menyebabkan produksi ghrelin berhenti. Kemudian, tubuh mengirim sinyal ke otak. Pada saat ini, tubuh mulai memecah dan mencerna makanan dengan cepat, bahkan sesaat setelah memulai makan.

Sementara, perut terus memberikan sinyal ke otak saat makan untuk mulai mencerna. Diperlukan waktu hingga 20 menit setelah kunyahan pertama untuk memproses sinyal dan memberikan tanda kenyang.

Cara tubuh memberikan sinyal kenyang bisa menjadi cara untuk membatasi konsumsi makanan. Cara ini bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan berat badan.

Salah satu cara untuk membuat tubuh merasa kenyang lebih cepat dan cukup lama bisa dengan menambahkan makanan kaya serat, protein, dan lemar sehat. Jenis makanan tersebut bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama.

"Serat dari sayur dan biji-bijian akan memberikan rasa kenyang lebih lama, kemudian protein yang didapat dari kacnag-kacangan, biji-bijian, ikan, telur, ayam, hingga susu juga demikian, bahan lemak sehat juga sama," lanjut Purtell.

Jenis makanan ini umumnya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Hal ini dapat membantu memuaskan rasa lapar, dan membuat perut merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.

Percaya atau tidak, minum lebih banyak air juga bisa membantu agar tidak merasa lapar setelah makan. Jika kita  tidak minum cukup air sepanjang hari, tubuh mungkin secara tidak sengaja salah mengira rasa haus sebagai rasa lapar. Kita wajib minum delapan hingga 10 gelas air per hari untuk membantu mencegah hal ini terjadi.  

Cara lain untuk merasa kenyang lebih cepat adalah dengan meluangkan waktu dan makan perlahan. Makan dengan kecepatan yang lebih lambat dapat memberi sinyal ke otak lebih cepat. Cara ini dapat menghentikan tubuh dari makan berlebihan dan membantu merasa kenyang lebih cepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement