Rabu 29 Sep 2021 16:21 WIB

Pelatih Wanita Saudi Pertama Ikut Program Bola Voli Eropa

Dana Ali Mohsen jadi pelatih voli wanita Saudi pertama di program bola voli Eropa

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Dana Ali Mohsen
Foto: Saudi Gazette
Dana Ali Mohsen

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Dana Ali Mohsen menjadi pelatih bola voli wanita Arab Saudi pertama yang berpartisipasi dalam Program Federasi Bola Voli Eropa. Program tersebut diadakan dari 24 hingga 26 September 2021 di Kranjska Gora, Slovenia.

Dana termasuk di antara 10 pelatih yang dipilih dari benua Asia untuk berpartisipasi dalam pelatihan internasional guna meningkatkan kualifikasi mereka untuk menjalankan proyek bola voli nasional bagi pemula. Partisipasinya dimungkinkan dengan dukungan dari Federasi Bola Voli Saudi.

Dana mengungkapkan kebahagiaan dan kebanggaannya mendapatkan kesempatan unik untuk mewakili Arab Saudi dalam bidang pelatihan dan partisipasi dalam turnamen internasional.

"Saya sangat yakin bahwa wanita Saudi memiliki ambisi untuk mencapai kesuksesan, mengingat dukungan dan perhatian yang kami terima dari Kementerian Olahraga. Saya akan melakukan yang terbaik untuk mengembangkan bola voli putri," ungkap Dana, dilansir di Saudi Gazette, Rabu (29/9).

Dana mengatakan, mereka memiliki sekelompok pemain putri untuk mengembangkan tingkat kompetensi mereka untuk berpartisipasi dalam pertandingan internasional dan menampilkan citra yang menarik di forum internasional.

Ketertarikan Dana terhadap bola voli mulai muncul sejak usia dini. Dia kemudian bekerja keras untuk mengembangkan kemampuannya. Dia biasa memainkan bola voli di setiap waktu dan tempat, hingga kemudian menjadi rutinitas hariannya.

Dana akhirnya mengembangkan hasrat untuk berlatih dan  memimpin pembentukan timnya yang bernama 'Blue Clickers', yang mencakup hampir 40 pemain. The Blue Clickers termasuk di antara tim yang berpartisipasi dalam Kejuaraan Bola Voli Wanita Saudi pertama, yang diadakan pada Agustus dan September tahun ini.

Sebanyak 14 tim berpartisipasi dalam pertandingan kualifikasi zona yang diadakan di Riyadh, Jeddah dan Provinsi Timur pada Agustus 2021. Dari 14 tim tersebut diharapkan muncul tim voli Saudi masa depan.

Sementara sebanyak enam tim, dua tim yang lolos dari setiap zona, berpartisipasi dalam fase terakhir kejuaraan yang dimulai di Riyadh pada 9 September 2021.

Program Bola Voli Eropa diklasifikasikan sebagai hubungan untuk pelatih dan guru pendidikan jasmani yang bekerja di tingkat akar rumput. Lebih dari 150 pelatih pria dan wanita berpartisipasi dalam Program Bola Voli Eropa, yang merupakan lingkungan yang subur untuk pertukaran keahlian dan pengalaman dalam penyebaran dan pengembangan permainan bola voli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement