Rabu 29 Sep 2021 15:02 WIB

Mengatasi Sulitnya Memahami Isi UU Cipta Kerja

Perlu ketelitian dan kehati-hatian dalam proses menyatukan naskah UU Cipta Kerja

Rangkaian buku Kesatuan Naskah UU Ketenagakerjaan dan UU Cipta Kerja.
Foto: .
Rangkaian buku Kesatuan Naskah UU Ketenagakerjaan dan UU Cipta Kerja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memahani UU Cipta Kerja bukanlah hal mudah. Puluhan undang-undang dengan substansi berbeda digabung menjadi satu buku naskah undang-undang. 

Berangkat dari kesulitan itu, SIP Law Firm menerbitkan rangkaian buku Kesatuan Naskah UU Ketenagakerjaan dan UU Cipta Kerja melalui distributor resmi SIP Corp. "Penyusunan Kesatuan Naskah UU Ketenagakerjaan dan UU Cipta Kerja merupakan pekerjaan besar mengingat banyaknya cluster yang dibahas dalam UU ini," ujar Ketua Tim Penyusun yang juga Senior Legal Advisor SIP Law Firm, Parwoto Wignjosumarto, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/9).

"Perlu ketelitian dan kehati-hatian dalam proses menyatukan naskah UU Cipta Kerja dengan ketentuan sebelumnya (UU, Perpu, PP, Putusan MK) yang mungkin saja sudah diubah, dicabut, dihapus sebagian atau bahkan seluruhnya," kata inisiator penyusunan buku ini menambahkan.

SIP Law Firm menyusun UU Ketenagakerjaan dan Kesatuan Naskah UU Cipta Kerja secara bertahap dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat. UU terkait tenaga kerja dipilih sebagai buku kesatuan naskah pertama yang saat ini sudah dapat diakses secara luas oleh masyarakat, khususnya pengusaha dan pekerja.

 

“Buku ini lahir dari kesulitan diri saya sendiri dalam membaca, mempelajari, mengerti, serta memahami isi UU Cipta Kerja," kata Parwoto. "Maka dari itu, saya dan tim memutuskan untuk mulai menyusun naskah ini secara sistematis dan berurutan beserta perubahannya tanpa perlu membawa naskah-naskah lainnya dengan harapan buku ini dapat berguna bagi para praktisi serta teoritisi.” 

Keseluruhan buku Kesatuan Naskah ini dikemas secara praktis, dengan menyisipkan penjelasan pada setiap pasal. Juga disertakan catatan kaki yang akan memudahkan pembaca mendapat informasi ketentuan pasal yang lama sebelum adanya perubahan oleh UU Cipta Kerja. Penyusunan demikian diharapkan dapat menyederhanakan metode dalam membaca dan memahami UU Cipta Kerja.

Managing Partner SIP Law Firm Zubaidah Jufri berharap buku ini dapat mengedukasi dan berguna bagi masyarakat. Soft file buku dapat diakses secara gratis pada google play books yang akan disebarkan bersamaan dengan launching buku ini. SIP Law Firm juga bekerja sama dengan SIP Corp untuk melakukan distribusi buku cetak Kesatuan Naskah ini dan dapat diakses melalui Tokopedia.com/sipcorp.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement