Rabu 29 Sep 2021 14:47 WIB

Kepuasan Konsumen Dalam Berbelanja Online

Dosen UNM meneliti kepuasan konsumen terhadap aplikasi belanja online.

Dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) meneliti kepuasan konsumen terhadap aplikasi belanja online Sorabel.
Foto: Dok UNM
Dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) meneliti kepuasan konsumen terhadap aplikasi belanja online Sorabel.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh  Wulan Dari dan Lusa Indah Prahartiwi

Internet melahirkan sebuah paradigma ekonomi. Dengan adanya internet maka perkembangan teknologi komunikasi kini menjadi semakin variatif. Kemajuan di bidang teknologi informasi ini, membuat komunikasi sekarang tidak mengenal batas antara ruang, waktu dan juga jarak. Masyarakat kini menjadikan internet sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan, seperti kegiatan pembelian, penjualan maupun pelayanan jasa secara online. 

Saat ini sudah banyak aplikasi online di Indonesia yang menerapkan sebuah konsep e-commerce atau online shopping. Aplikasi-aplikasi online shopping tersebut menyediakan beraneka ragam informasi produk yang dipasarkan melalui pasar virtual dan digunakan untuk bertransaksi secara online melalui aplikasi mobile.

Penelitian yang dilakukan oleh Wulan Dari dan Lusa Indah Prahartiwi selaku dosen  Universitas Nusa Mandiri (UNM) ini berkaitan pengukuran kepuasan konsumen terhadap aplikasi belanja online, pada situs belanja online Sorabel menggunakan metode Delone & McLean. 

Medel Delone dan Mclean merupakan sebuah model yang digunakan untuk mengukur kesuksesan dari sistem informasi. Model ini dikenal sebagai model yang sederhana tetapi dianggap cukup valid oleh para peneliti.

Tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) ini untuk mempermudah dalam mengukur variabel-variabel yang dapat memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kesuksesan aplikasi Sorabel. Adapun variabel-variabel yang digunakan meliputi: System Quality, Information Quality, Use, User Satisfaction, dan Net benefitss. Perangkat lunak yang digunakan dalam penelitian ini, untuk mengolah data yaitu AMOS versi 21. 

AMOS sendiri merupakan software statistik paling populer dengan kelebihan yang bersifat user friendly. Sehingga dapat digunakan bagi para pemula di bidang Structural Equation Modelling (SEM) sekalipun.

Hasil pengujian dari penelitian ini, terdapat 20 indikator yang dikelompokkan ke dalam lima  variabel, meliputi System Quality sebanyak 4 indikator, Use sebanyak 4 indikator, Net benefits sebanyak 4 indikator, User Satisfaction sebanyak 4 indikator, Information Quality sebanyak 4 indikator. 

Dari hasil pengujian tersebut, dapat dilihat bahwa System Quality berpengaruh positif terhadap User Satisfaction, User Satisfaction berpengaruh positif terhadap Net benefitss, dan User Satisfaction berpengaruh positif terhadap Use. 

Sehingga, dari hasil pengujian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara variabel dengan tingkat kepuasan aplikasi Sorabel terhadap pengguna aplikasi Sorabel sebagai media untuk berbelanja online.

*) Penulis adalah dosen Universitas Nusa Mandiri, Prodi Sistem Informasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement