Putra-Putri Merauke Bangga Terlibat Sukseskan PON Papua

Red: Endro Yuwanto

Ratusan relawan konsumsi disiapkan untuk melayani konsumsi atlet dan official yang berlaga di PON XX Papua.
Ratusan relawan konsumsi disiapkan untuk melayani konsumsi atlet dan official yang berlaga di PON XX Papua.
Foto: Antara
Para relawan menambah pengalaman, pertemanan, dan kenal atlet dari seluruh daerah.

REPUBLIKA.CO.ID, MERAUKE -- Putra dan putri Merauke merasakan langsung betapa bangganya terlibat menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang untuk pertama kalinya dihelat di Bumi Cenderawasih. Menjadi salah satu dari empat klaster tuan rumah PON Papua, Kabupaten Merauke akan mempertandingkan enam cabang olahraga yaitu wushu, gulat, anggar, catur, sepak bola putri, dan bermotor.

Salah satu relawan, Dorkas Anatji Kaize, mengaku sangat senang pesta olahraga empat tahunan itu dapat dilangsungkan setelah sempat tertunda karena pandemi Covid-19. Dorkas mengawali tugasnya sebagai relawan pada Rabu (29/9) ketika GOR Futsal KONI, Merauke menggelar hari pertama pertandingan wushu, cabang olahraga yang mulai paling dini di klaster Merauke.

"Sebagai anak Merauke asli, kami bangga sukseskan PON pertama di Papua dan di Merauke, di tanah Animha ini," kata Dorkas ketika.

Dorkas dengan cekatan dan keramahan khas Papua, menyambut dan mengarahkan atlet serta kontingen dari ruang pemanasan menuju ruang pertandingan. Bersama rekan-rekan relawan lainnya, Dorkas sebelum bertugas telah mendapatkan bimbingan bagaimana menjadi relawan yang baik.

"Seperti bagaimana belajar komunikasi yang baik saat bicara dengan tamu," kata Dorkas. "Saya juga ingin tahu lebih banyak, menambah pengalaman, pertemanan, juga bertemu dengan atlet dari seluruh provinsi."

Baca juga : PLTBm Merauke Siap Sukseskan PON Papua dengan Energi Hijau

Sementara itu relawan di bidang arena, Isayas Balagaize menunjukkan kebanggaan sebagai putra daerah memakai mahkota dari bulu kasuari yang disebut zimbu.

"Saya pribadi jelas sangat bangga karena ini pertama kalinya PON di Papua dan pertama juga di Merauke," kata Isayas. "Bisa terlibat langsung di lapangan, menangani atlet, ofisial bersama teman-teman. Kami sebagai orang asli Papua, ingin membuktikan kalau juga bisa mensukseskan event berskala nasional ini. Torang Bisa."

Isayas mengutip slogan PON Papua yang berarti "kita semua bisa".

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Komentar

Terkait


Petenis Jawa Timur Aldila Sutjiadi melakukan servis ke arah lawannya petenis Jawa Tengah Alif Nafiah dalam babak perempat final tenis beregu putri di Jayapura, Papua, Rabu (29/9/2021).

Babak Perempat Final Tenis Beregu Putri PON XX Papua

Sejumlah atlet panahan putri membidik sasaran pada babak kualifikasi Panahan 70 M Recurve putri PON Papua di Lapangan Kampung Harapan, Sentani, Papua, Rabu (29/9/2021).

Babak Kualifikasi Panahan 70 Meter Recurve Putra dan Putri

Pebasket putra Sulawesi Utara Luis Jovan Golung (kanan) berebut bola dengan pebasket putra Bangka Belitung Antoni Erga (tengah) saat bertanding pada pertandingan Basket Putra 5x5 PON XX Papua di Mimika Sport Complex, Papua, Rabu (29/9/2021).

Basket Putra 5x5 Babel vs Sulut PON XX Papua

Atlet sepatu roda putra DKI Jakarta Barijani Mahesa Putra (depan) memacu kecepatannya pada Final nomor Sprint 500 M+D putra PON Papua di Arena Klemen Tinal Roller Sport, Kota Jayapura, Papua, Rabu (29/9/2021). Atlet sepatu roda putra DKI Jakarta Barijani Mahesa Putra berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 43,521 detik sementara medali perak diraih atlet sepatu roda putra Jawa Barat Radika Rais Ananda (43,892 detik) dan medali perunggu diraih atlet sepatu roda putra Jawa Barat Azmi Al Ghiffari (46,266 detik).

DKI Jakarta Sabet Emas Sprint 500M+D Cabor Sepatu Roda

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

PON XX Papua, Panglima TNI: Faktor Keamanan Hal utama

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image