Rabu 29 Sep 2021 11:06 WIB

Versi Awal Android 12 Bawa Perubahan Besar di Ponsel Lipat?

Android 12 diasumsikan akan membawa banyak pembaruan untuk ponsel lipat.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Lock screen Android 12.1
Foto: xda
Lock screen Android 12.1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Android 12 telah dinanti-nantikan. XDA Developers menerbitkan pandangan tentang versi awal Android 12.1 yang merinci banyak pengoptimalan yang dibuat oleh Google untuk ponsel lipat.

Pembaruan pertengahan siklus untuk Android 12 membawa nama kode 'Snowcone v2' dan melihat bagaimana Android 12 juga menggunakan nama kode Snowcone.

Baca Juga

Dilansir dari GSMArena, Rabu (29/9), aman untuk mengasumsikan pembaruan 12.1 akan membawa perubahan kecil untuk ponsel biasa sementara perangkat lipat akan melihat banyak pembaruan. XDA mencatat peluncuran Pixel Fold mungkin bertepatan dengan peluncuran Android 12,1.

Dimulai dengan layar kunci. Android 12.1 mengambil pendekatan dua panel dengan notifikasi, info baterai dan status di sisi kanan, sementara sisi kiri dicadangkan untuk waktu dan tanggal.

Ikon buka kunci berada di tengah antara dua panel dan tampak cukup besar sehingga memudahkan untuk membuka kunci layar Anda dengan sapuan. Jika Anda memiliki entri PIN atau kata sandi, akan muncul di sisi yang Anda geser saat membuka kunci layar yang menyajikan menu PIN dalam mode satu tangan.

Baca juga : Polusi Udara Berkontribusi pada Kelahiran Prematur Bayi

Fitur utama Android 12.1 tampaknya adalah taskbar. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memasang hingga lima aplikasi yang mirip dengan antarmuka desktop sehingga mereka dapat dengan cepat meluncurkan dan beralih di antara mereka dengan satu ketukan.

Taskbar terintegrasi secara bawaan dengan fitur multitasking dan layar terpisah Android serta fitur seret dan lepas untuk meluncurkan ke mode layar terbagi. Anda juga dapat menyentuh dan menahan taskbar untuk menghilangkannya.

Aplikasi pihak pertama dan elemen UI sekarang menggunakan dua sisi layar untuk menyajikan informasi dan sub-menu. Bayangan pemberitahuan dibagi menjadi dua dengan tab terpisah di sebelah kanan untuk pemberitahuan masuk sementara toggles cepat tetap di sebelah kiri.

Mode layar terbagi memiliki tampilan baru dengan garis pemisah yang lebih besar yang kini berwarna abu-abu gelap, bukan hitam. Ada juga App Pairs yang memungkinkan Anda membuka dua aplikasi secara simultan berdampingan dari satu ikon.

Mengetuk dua kali garis pemisah akan memungkinkan Anda untuk menukar posisi kedua aplikasi. Tata letak aplikasi terbaru juga diubah dengan aplikasi terbaru yang tersisa di jendela yang lebih besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement