Rabu 29 Sep 2021 07:23 WIB

Petani Padang Lawas Keluhkan Turunnya Harga Terung Ungu

Padahal, hasil panen melimpah dan baik.

Petani Padang Lawas Keluhkan Turunnya Harga Terung Ungu
Foto: Antara/Siswowidodo
Petani Padang Lawas Keluhkan Turunnya Harga Terung Ungu

IHRAM.CO.ID, SIBUHUAN -- Petani di Kabupaten Padang Lawas, Sumatra Utara, mengeluh karena harga terung ungu dalam beberapa hari ini mengalami penurunan dari Rp 7.500 menjadi Rp 4.500/Kg.

"Harga terung dalam beberapa hari ini turun drastis. Kalau ini terus berkepanjangan, akan membuat kami merugi," kata Aman Parapat, salah seorang petani terung ungu yang ditemui di lokasi pertaniannya, Desa Paringgonan, Kecamatan Ulu Barumun, Selasa (28/9).

Baca Juga

Ia mengatakan penurunan harga terung ungu yang mencapai Rp 2.000/Kg ini diperkirakan akibat kurangnya daya beli masyarakat saat ini. Hal ini hingga menyebabkan para agen pengasong terong ungu mengurangi permintaan pesanan terhadap mereka petani di kecamatan setempat.

"Kami petani terung lemas akibat kondisi harga yang kurang berpihak ini. Semoga panen depan harga terung ungu kembali naik agar kami para petani tidak rugi dan kembali bergairah, serta berpendapatan setara dengan petani lainnya di kecamatan ini," kata Aman.

Ia mengatakan dalam sepekan ini hasil produksi para petani terung ungu di daerah setempat cukup melimpah. Dicontohkan Aman, dari lokasi lahan pertanian miliknya, hasil panen perdana seminggu lalu sekitar 20 Kg. Hasil panen kedua hari ini sudah mencapai sekitar 125 Kg.

"Hasil panen cukup baik, tapi harga anjlok. Semoga saja ini tidak berkepanjangan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement