Thursday, 15 Rabiul Awwal 1443 / 21 October 2021

Thursday, 15 Rabiul Awwal 1443 / 21 October 2021

Eko Patrio Doakan Kesembuhan Tukul Arwana

Rabu 29 Sep 2021 06:07 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Qommarria Rostanti

Tukul Arwana

Tukul Arwana

Foto: Antara
Banyak pelaku seni mengorbankan diri menghibur orang, tapi tidak untuk diri sendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota DPR sekaligus pelawak Eko Hendro Purnomo atau kerap disapa sebagai Eko Patrio memberikan doa terbaik untuk kesembuhan Tukul Arwana. Saat ini, Tukul tengah terbaring di rumah sakit karena mengalami pendarahan otak.

Selama ini, Eko mengenal baik Tukul. Dia pertama kali bertemu komedian berusia 57 tahun itu saat masih berada di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Eko yang pernah menjadi penyiar radio bersama Tukul sering bertukar pikiran dan mendapatkan nasihat-nasihat yang membangun kariernya di bidang seni komedi.

“Alhamdulillah apa yang beliau sampaikan kepada saya sangat bermanfaat. Seiring berjalannya waktu kami saling mengisi dan pernah tiga tahun bekerjasama dalam satu program di televisi,” ujar Eko kepada Republika.co.id, pada Selasa (28/9). 

Eko menyebut Tukul merupakan sosok yang menyenangkan dan memiliki filosofi hidup yang sangat diingatnya untuk menjadi sebuah pelajaran penting, yaitu hidup harus berproses. Ia menyebut bahwa ini mengartikan tanpa proses, seseorang tidak dapat menikmati hidup dengan sebaik-baiknya.

“Apa yang saya ingat Mas Tukul bilang kristalisasi keringat yang berarti hidup itu harus berproses,” jelas Eko.

Menurut Eko, selama ini Tukul merupakan contoh dari seniman yang bekerja keras dalam kariernya. Tak hanya itu, dia juga melihat bahwa pria Kelahiran 16 oktober 1963 itu adalah sosok yang perfeksionis. 

Baca juga : Donor Darah Bisa Turunkan Kolesterol dan Tekanan Darah?

“Mas Tukul itu tipe yang tidak banyak ambil pekerjaan karena kalau udah dapat satu, dia olah sedemikian rupa agar semuanya maksimal dan sempurna,” kata Eko.

Saat terlibat dalam sebuah program acara, menurut Eko, Tukul tak hanya memikirkan konsep yang menarik, namun juga berbagai detail yang diperlukan. Sebagai contoh, Tukul juga mengatur tentang bintang tamu, penonton, dan hal-hal lainnya yang bukan menjadi tugasnya. 

“Misal Mas Tukul melihat komposisi penonton di acaranya kurang nih harus diatur lagi, padahal yang ini bukan tugas dia. Jadi sampai yang detail dia pikirin,” jelas Eko.

Eko mengatakan tak jarang komedian seperti Tukul yang perfeksionis dan pekerja keras mungkin sedang dalam kondisi letih. Dia menyebut jadwal yang padat kerap membuat mereka melewarkan pemeriksa kesehatan secara rutin dan faktor lainnya. 

“Banyak pelaku seni yang bisa mengorbankan diri menghibur orang lain, tapi tidak untuk diri sendiri,” kata Eko.

Karena itu, Eko meminta doa dari semua orang agar Tukul dapat pulih dan beraktivitas seperti sedia kala. “Saya minta doa dari teman-teman semua, pembaca semua agar mas Tukul didoakan semoga sehat kembali dan bisa beraktivitas kembali,” ujar Eko.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA