Rabu 29 Sep 2021 04:01 WIB

Drama di San Siro, 10 Pemain Milan Tumbang oleh Atletico

AC Milan yang lebih dulu unggul, takluk 1-2 dari Atletico lewat penalti injury time.

Penyerang Atletico Marid Luis Suarez (kedua kiri) melepaskan tendangan ke gawang AC Milan dalam pertandingan Grup B Liga Champions.
Foto: EPA-EFE/MATTEO BAZZI
Penyerang Atletico Marid Luis Suarez (kedua kiri) melepaskan tendangan ke gawang AC Milan dalam pertandingan Grup B Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN – AC Milan gagal membukukan kemenangan setelah membuat start sempurna saat menghadapi Atletico Madrid pada matchday kedua Grup B Liga Champions. Milan bermain dengan 10 orang sejak menit ke-30 karena Franck Kessie dikartu merah harus takluk di tangan Atletico dengan skor 1-2 di San Siro, Rabu (29/9) dini hari WIB.

Hasil ini menempatkan Milan di posisi buncit Grup B dengan nirpoin. Sementara Atletico berada di peringkat kedua dengan nilai empat. Puncak klasemen Grup B dihuni Liverpool dengan nilai enam setelah menggasak Porto 5-1.

Baca Juga

Jalannya laga

Milan yang menempatkan Ante Rebic sebagai ujung tombak bermain agresif. pergerakan licin Rebic, Leao, dan Brahim Diaz menghadirkan sejumlah ancaman ke pertahanan Atletico.

Setelah beberapa peluang gagal dimaksimalkan Milan akhirnya mampu menjebol gawang tamunya pada menit ke-20. Berawal dari kemelut di gawang Atletico, Diaz mampu menggocek bola dan melihat Leao yang berdiri kosong di tepi kotak penalti. Tanpa membuang kesempatan, Leao melepaskan tendangan menyilang yang menjebol gawang Jan Oblak.

Gol ini memaksa Atletico keluar menyerang. Namun ini justru semakin membuat Milan memiliki lebih banyak kesempatan untuk menambah skor.

Sayangnya, Rossoneri kemudian harus kehilangan Kessie. Setelah menerima kartu kuning pada menit ke-15, Kessie kembali di kartu kuning pada menit ke-29 karena berusaha merebut bola tapi gagal dan dianggap melakukan pelanggaran.

Kartu kuning ini membuat para pemain Milan melancarkan protes, tapi keputusan tak berubah. Pelatih Milan Stefano Pioli pun terpaksa menarik Rebic pada menit ke-34 dan memasukkan Sandro Tonali mengisi tempat Kessie di tengah.

Walau dengan 10 pemain, Milan tetap mampu memberikan ancaman meskipun tak sampai menambah keunggulan. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Bermain dengan 10 orang, Milan harus berjuang habis-habisan mempertahankan keunggulan. Atletico membobol gawang Milan pada menit ke-84 lewat Antoine Griezmann untuk menyamakan skor menjadi 1-1. Kemenangan Atletico kemudian ditentukan pada menit ketujuh injury time lewat penalti Luis Suarez setelah pemain Milan Pierre Kalulu handball di kotak terlarang.

Pada babak kedua, Atletico menguasai jalannya pertandingan dan menciptakan banyak peluang.Geoffrey Kondogbia dan Luis Suarez menjadi mimpi buruk bagi Milan pada awal babak kedua. Keduanya banyak mengancam, tetapi Atletico belum bisa menyamakan kedudukan.

Masalah Milan bertambah karena Diaz kemudian harus ditarik karena cedera. Tanpa Diaz, manuver berbahaya Milan di pertahanan Atletico berkurang.

Unungnya kedisiplinan pertahanan Milan berhasil mementahkan sejumlah upaya Atletico dari Rodrigo De Paul dan Joao Felix. Pioli tampaknya membuat blunder besar dengan menarik Alexis Saelemaekers dan Ismael Bennacer dan menggantikannya dengan Pierre Kalulu dan Alesandro Florenzi pada menit ke-81. Sebab Milan makin kehilangan ancaman bagi pertahanan Atletico pada diri Saelemaekers dan defender tangguh dalam diri Bennacer.

Benar saja, Atletico semakin leluasa menyerang karena Florenzi bukan tipe gelandang pekerja keras seperti Bennacer. Hanya tiga menit setelah pergantian, tepatnya pada menit ke-84, Antoine Griezmann bisa meneruskan umpan Renan Lodi menjadi gol ke gawang Milan dengan sontekan kaki kirinya. Skor menjadi 1-1.

Kegigihan Atletico berbuah hasil, mereka sukses membalikkan keadaan pada menit keenam injury time melalui gol Luis Suarez. Pierre Kalulu melakukan handball di area terlarang dan wasit Cuneyt Cakir menghadiahkan penalti kepada Atletico. Luis Suarez maju menjadi eksekutor dan bisa menaklukkan Mike Maignan untuk membuat tim tamu berbalik unggul 2-1.

Kedudukan tersebut bertahan hingga laga bubar dan Atletico berhak membawa pulang tiga poin dari San Siro.

Susunan Pemain:

AC Milan (4-3-3)

Mike Maignan; Davide Calabria, Fikayo Tomori, Alessio Romagnoli, Theo Hernandez; Alexis Saelemaekers (Pierre Kalulu 81'), Ismael Bennacer (Alesandro Florenzi 81'), Franck Kessie; Brahim Diaz (Ballo-Toure 57'), Ante Rebic (Sandro Tonali 34'), Rafael Leao (Olivier Giroud 57')

Atletico Madrid (4-4-2)

Jan Oblak; Kieran Trippier (Joao Felix 40'), Jose Gimenez, Felipe, Mario Hermoso (Renan Lodi 46'); Marcos Llorente, Koke (Antoine Griezmann 61'), Geoffrey Kondogbia (Thomas Lemar 64'), Yannick Carrasco (Rodrigo de Paul 46'); Angel Correa, Luis Suarez

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement