Friday, 23 Rabiul Awwal 1443 / 29 October 2021

Friday, 23 Rabiul Awwal 1443 / 29 October 2021

Messi Cetak Gol, PSG Taklukkan Manchester City di Paris

Rabu 29 Sep 2021 03:58 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Lionel Messi (kiri) dan Idrissa Gueye (tengah) dua pencetak gol Paris Saint Germain ke gawang Manchester City.

Lionel Messi (kiri) dan Idrissa Gueye (tengah) dua pencetak gol Paris Saint Germain ke gawang Manchester City.

Foto: EPA-EFE/YOAN VALAT
Lionel Messi mencetak gol kedua PSG dalam kemenangan 2-0 atas Manchester City.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Paris Saint-Germain (PSG) akhirnya berhasil mencatatkan kemenangan atas Manchester City di Liga Champions setelah dalam empat laga sebelumnya tak pernah menang. PSG menaklukkan City 2-0 dalam matchday kedua Grup A Liga Championd di Parc des Princes, Paris, Rabu (29/9) dini hari WIB.

Gol PSG dicetak oleh Idrissa Gueye dan Lionel Messi. Kemenangan ini menempatkan PSG di puncak klasemen Grup A dengan nilai empat dari dua laga, sama dengan Club Brugge di posisi kedua. Sementara City berada di posisi tiga dengan nilai tiga.

Baca Juga

Jalannya laga

Manchester City sebenarnya lebih mendominasi sejak awal laga. Permainan high pressing ciri khas City dengan menempatkan pemain secara presisi untuk memotong setiap alur bola ke daerah pertahanan mereka membuat PSG lebih banyak berkutat di area sendiri. 

Pada menit keenam Luonel Messi melancarkan serangan pertamanya ke depan untuk tim tuan rumah, tetapi dia lebih memilih melebar ke sayap kiri untuk mengoper ke Mendes.

Dalam posisi ditekan, tuan berhasil mencuri keunggulan pada menit kedelapan melalui tendangan jarak dekat Gueye ke sudut kanan atas gawang Ederson. Gol berawal dari serangan City yang patah dan berbuah serangan balik PSG. Kylian Mbappe merangsek dari sisi kanan dan menembus sisi kiri kotak penalti City. Setelah mengotak-atik bola, ia mengirimkan operan ke Neymar.

Neymar yang siap menyambut ternyata gagal menendang sempurna. Bola terus bergulir ke tiang jauh. Beruntung ada Gueye siap menyambut bola. Tanpa berlama-lama, Gueye melepaskan tendangan keras ke sudut kanan atas gawang. Ederson tak bisa bereaksi, hanya melihat bola menggetarkan jala gawangnya.

Baca juga : Ini Fakta Angka Unik Usai Messi Cetak Gol Bersama PSG

Setelah gol ini, permainan mutlak berada dalam kendali City. Permainan operan-operan pendek dipungkasi umpan silang ke kotak penalti PSG berkali-kali memberikan ancaman kepada tuan rumah. 

Pada menit ke-15, Riyad Mahrez menyerang dari sayap kanan dan melepaskan umpan silang dengan kaki kanannya. Ada Raheem Sterling dan Jack Grealish yang siap menerimanya, tetapi  kiper Gianluigi Donnarumma dengan sigap mengubah arah bola dan kemudian disapu oleh Marquinhos.

Sejurus kemudian Mahrez mencoba melakukan hal yang sama dari sisi kanan. Tapi kali ini ia tidak berhasil melewati Presnel Kimpembe yang memblokir operannya dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

City hampir menyamakan kedudukan di menit ke-26 saat dua kali percobaan membentur mistar gawang. Pertama dari tandukan Sterling saat menerima umpan dari De Bruyne. Kemudian bola rebound yang disambut Bernardo Silva juga hanya membentur mistar.

Tim tamu terus menekan untuk mengejar ketertinggalan. Memasuki 15 menit akhir gelombang serangan terus mengancam gawang PSG, tapi mereka selalu gagal dalam penyelesaian akhir, salah satunya karena kesigapan Donnarumma. Ia jatuh bangun menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Les Rouge et Bleu akhirnya mendapatkan peluang. Pada menit ke-38, Ederson melakukan penyelamatan dari tendangan keras Ander Herrera yang menyelesaikan umpan tarik dari Mbappe dari sisi kiri. Bola yang mengarah langsung ke gawang hanya menghasilkan tendangan sudut.

Donnarumma kembali melakukan penyelamatan. Kali ini ancaman datang dari situasi tendangan sudut. Ruben Dias menyambut umpan dengan sundulan ke arah gawang tapi masih bisa ditepis oleh Donnarumma. Skor 1-0 untuk PSG pun bertahan hingga turun minum.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA