Rabu 29 Sep 2021 02:55 WIB

Babak I, Donnarumma Perkasa PSG Ungguli City 1-0

PSG unggul lewat gol cepat Idrissa Gueye dan bertahan lewat kecemerlangan Donnarumma.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pemain Paris Saint Germain (PSG) Idrissa Gueye (kanan) merayakan golnya ke gawang Manchester City bersama Lionel Messi (tengah).
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Pemain Paris Saint Germain (PSG) Idrissa Gueye (kanan) merayakan golnya ke gawang Manchester City bersama Lionel Messi (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester City tertinggal saat menghadapi Paris Saint-Germain pada laga kedua Grup A Liga Champions 2021/2022 di Stadion Parc de Princes, Paris Rabu (29/9) dini hari WIB. Gol cepat Idrissa Gueye ke gawang City membawa PSG unggul sementara 1-0.

Manchester City sebenarnya terlihat lebih mendominasi sejak awal laga. Permainan high pressing ciri khas City dengan menempatkan pemain secara presisi untuk memotong setiap alur bola ke daerah pertahanan mereka membuat PSG lebih banyak berkutat di area sendiri. 

Baca Juga

Pada menit keenam Luonel Messi melancarkan serangan pertamanya ke depan untuk tim tuan rumah, tetapi dia lebih memilih melebar ke sayap kiri untuk mengoper ke Mendes.

Dalam posisi ditekan, tuan berhasil mencuri keunggulan pada menit kedelapan melalui tendangan jarak dekat Gueye ke sudut kanan atas gawang Ederson. Gol berawal dari serangan City yang patah dan berbuah serangan balik PSG. Kylian Mbappe merangsek dari sisi kanan dan menembus sisi kiri kotak penalti City. Setelah mengotak-atik bola, ia mengirimkan operan ke Neymar.

Neymar yang siap menyambut ternyata gagal menendang sempurna. Bola terus bergulir ke tiang jauh. Beruntung ada Gueye siap menyambut bola. Tanpa berlama-lama, Gueye melepaskan tendangan keras ke sudut kanan atas gawang. Ederson tak bisa bereaksi, hanya melihat bola menggetarkan jala gawangnya.

Setelah gol ini, permainan mutlak berada dalam kendali City. Permainan operan-operan pendek dipungkasi umpan silang ke kotak penalti PSG berkali-kali memberikan ancaman kepada tuan rumah. 

Pada menit ke-15, Riyad Mahrez menyerang dari sayap kanan dan melepaskan umpan silang dengan kaki kanannya. Ada Raheem Sterling dan Jack Grealish yang siap menerimanya, tetapi  kiper Gianluigi Donnarumma dengan sigap mengubah arah bola dan kemudian disapu oleh Marquinhos.

Sejurus kemudian Mahrez mencoba melakukan hal yang sama dari sisi kanan. Tapi kali ini ia tidak berhasil melewati Presnel Kimpembe yang memblokir operannya dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

City hampir menyamakan kedudukan di menit ke-26 saat dua kali percobaan membentur mistar gawang. Pertama dari tandukan Sterling saat menerima umpan dari De Bruyne. Kemudian bola rebound yang disambut Bernardo Silva juga hanya membentur mistar.

Tim tamu terus menekan untuk mengejar ketertinggalan. Memasuki 15 menit akhir gelombang serangan terus mengancam gawang PSG, tapi mereka selalu gagal dalam penyelesaian akhir, salah satunya karena kesigapan Donnarumma. Ia jatuh bangun menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Les Rouge et Bleu akhirnya mendapatkan peluang. Pada menit ke-38, Ederson melakukan penyelamatan dari tendangan keras Ander Herrera yang menyelesaikan umpan tarik dari Mbappe dari sisi kiri. Bola yang mengarah langsung ke gawang hanya menghasilkan tendangan sudut.

Donnarumma kembali melakukan penyelamatan. Kali ini ancaman datang dari situasi tendangan sudut. Ruben Dias menyambut umpan dengan sundulan ke arah gawang tapi masih bisa ditepis oleh Donnarumma. Skor 1-0 untuk PSG pun bertahan hingga turun minum.

Susunan pemain kedua tim:

PSG (4-3-3)

Gianluigi Donnarumma; Achraf Hakimi, Marquinhos, Presnel Kimpembe, Nuno Mendes; Ander Herrera, Idrissa Gueye, Marco Verratti; Neymar, Kylian Mbappe, Lionel Messi

Pelatih: Mauricio Pochettino 

Manchester City (4-3-3)

Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, Aymeric Laporte, Joao Cancelo; Bernardo Silva, Rodri, Kevin De Bruyne; Riyad Mahrez, Jack Grealish, Raheem Sterling

 

Pelatih: Pep Guardiola 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement