Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Pesawat Tempur China Dipasangi Pelacak dan Rudal

Rabu 29 Sep 2021 00:07 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Jet China

Jet China

Foto: EPA-EFE/TAIWAN MINISTRY OF DEFENSE
Pesawat punya kemampuan tempur komprehensif, baik mengintai, menyerang, dan bertahan.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING  -- Pesawat tempur elektronik China J-16D untuk pertama kalinya terlihat terpasang perangkat pelacak dan rudal selama berlangsungnya Airshow China di Zhuhai pada 28 September-3 Oktober 2021. Alat yang dikenal dengan sebutan jammer itu dan rudal terpasang di bawah sayap dan saluran masuk udara selain dua perangkat tempur elektronik di ujung sayapnya.

Pesawat yang merupakan hasil pengembangan dari generasi pendahulunya J-16 tersebut memiliki kemampuan tempur yang komprehensif, baik mengintai, menyerang, maupun bertahan. J-16D juga secara efektif mampu menangkal serangan lawan melalui sistem peringatan dini, komando, komunikasi, penghadangan, dan penyerangan.Pesawat tempur baru itu akan meningkatkan kemampuan peperangan elektronik Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA).

Jet tempur J-16D akan menjadi bagian vital PLA dalam peperangan modern.Peperangan elektronik atau electronic warfare menggunakan spektrum elektromagnetik atau energi untuk mengendalikan spektrum dalam menyerang dan menghalau serangan lawan.

Peperangan model ini bisa dilakukan melalui udara, laut, darat, dan luar angkasa, baik dengan alat yang berawak maupun tidak.Perang ini menyasar manusia, sistem komunikasi, radar, atau aset yang lain.Di pesawat tempur Sukhoi versi mutakhir milik TNI Angkatan Udara juga telah terpasang jammer tersebut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA