Selasa 28 Sep 2021 16:27 WIB

Cedera, Pemain Persis Irfan Jauhari Menepi 1-2 Pekan

Irfan baru bisa kembali merumput saat laga derbi Mataram melawan PSIM Yogyakarta.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Persis Solo dan timnas Indonesia U-19, Irfan Jauhari (kanan).
Foto: DOK PSSI
Pemain Persis Solo dan timnas Indonesia U-19, Irfan Jauhari (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pemain Persis Solo, Irfan Jauhari, mengalami cedera saat laga perdana Liga 2 melawan Putra Safin Group (PSG) Pati yang berlangsung pada Ahad (26/9). Saat pertandingan memasuki menit ke-55, Irfan ditarik keluar dan digantikan oleh Hersus selang dua menit kemudian.

Dokter tim Persis, Iwan Wahyu Utomo, menjelaskan mengenai kondisi terkini Irfan setelah cek medis. Irfan harus menepi selama satu hingga dua pekan untuk menjalani penyembuhan dan pemulihan akibat cedera ligamen.

"Secara klinis Irfan Jauhari mengalami nyeri di bagian lutut saat berbenturan dengan pemain PSG Pati. Dia mengalami cedera MCL (Medical Colateral Ligamen) dan ACL (Anterior Cruciate Ligamen) sprain grade 1 sehingga harus istirahat selama satu hingga dua pekan," ujar Iwan seperti tertulis dalam siaran pers, Selasa (28/9).

Iwan menambahkan, tim medis Persis telah melakukan penanganan terhadap Irfan untuk pemulihan pemain dalam dua pekan ke depan. Dari kondisi tersebut, pemain kelahiran Ngawi itu kemungkinan akan absen kala Persis menjamu Persijap Jepara pekan depan. Jika kondisinya membaik lebih cepat dari perkiraan, Irfan baru bisa kembali merumput saat laga derbi Mataram melawan PSIM Yogyakarta.

"Irfan Jauhari harus istirahat selama dua pekan. Satu pekan untuk menghilangkan nyeri dan satu pekan untuk penguatan. Semoga bisa lebih cepat, sehingga kurang dari dua pekan sudah sembuh. Program sudah disusun oleh tim fisio," papar Iwan.

Selain Irfan, dua pemain lain juga sempat mendapat pertolongan medis dan harus ditarik keluar saat laga kemarin. Kedua pemain itu yakni, Eky Taufik dan Delvin Rumbino. Keduanya hanya mengalami cedera ringan dan telah kembali mengikuti latihan normal hari ini.

"Eky dan Delvin hanya cedera ringan, hanya memar karena benturan dan hari ini mereka sudah latihan normal," ucap Iwan.

Secara terpisah, Irfan Jauhari mengungkapkan kronologi saat dirinya mengalami benturan dengan pemain PSG Pati. "Benturan terjadi di babak pertama saat pemain PSG mau clearance bola tapi saat itu saya memaksa untuk menahan bola dengan posisi badan yang salah sehingga mendapat benturan dan lutut bagian dalam saya terasa sakit," ungkapnya.

Saat ini, Irfan sudah dalam kondisi yang lebih baik dan sedang menjalani program pemulihan dengan tim medis Persis agar lekas pulih dan dapat kembali bermain."Alhamdulillah sekarang sudah membaik dan kemarin saya tes MRI (Magnetic Resonance Imaging) ternyata ada robek sedikit di ligamen. Untuk pemulihan mungkin tidak terlalu lama," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement