PLN Papua Gelar Apel Siaga PON XX

Red: Muhammad Akbar

Logo PLN
Logo PLN
Foto: pln.co.id
secara teknis PLN telah menyiapkan empat skenario

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA — PT PLN (Persero) menggelar apel siaga Pekan Olahraga Nasional (PON) XX secara serentak secara daring yakni di Jayapura, Mimika, dan Merauke.

General Manager (GM) PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B) Abdul Farid di Jayapura, Selasa (28/9), mengatakan apel siaga tersebut bertujuan untuk mengecek kesiapan pihaknya mengamankan kelistrikan selama pelaksanaan PON XX.

"Selain itu kami juga mengupayakan di titik-titik kritikal itu tidak boleh ada yang kedip, mekanismenya, di arena disiapkan genset dan UPS," katanya.

Menurut Farid, secara teknis PLN telah menyiapkan empat skenario untuk mengantisipasi gangguan kelistrikan selama PON. Jadi modelnya, kata dia, genset akan beroperasi terus saat ada event, sehingga ketika ada gangguan di luar, di lokasi tetap nyala tanpa kedip karena ada UPS.

"Kalau skalanya lebih besar, kemampuan UPS PLN hanya 250 KVA, sedangkan kebutuhan di beberapa arena, seperti di Aquatik 555 KVA, Stadion Lukas Enembe 1,1 MW, PLN sudah menyiapkan sistem yang sudah diterapkan pada Asean Games yaitu zero down area," ujarnya.

Dia menjelaskan PLN telah mendesain konfigurasi jaringan sedemikian rupa sehingga ketika ada gangguan di suatu titik, sistem yang lain secara otomatis mem-backup, di mana dari skenario terburuk yang disiapkan PLN, dimungkinkan terjadi kedip dalam jangka waktu sangat cepat sehingga tidak akan berpengaruh pada jalannya pertandingan.

"Ada titik yang terakhir yang mungkin ada kedip 0,2 detik yang sifatnya adalah transfer daya, itu mungkin terasa sedikit saat itu terjadi, tapi itu lapis keempat, tapi mudah-mudahan yang keempat tidak akan terjadi," katanya.

Dia menambahkan ada 45 venue pertandingan yang semuanya sudah meminta pasokan listrik ke PLN dan semuanya sudah dipenuhi sehingga listrik sudah siap dioperasikan.

Selain itu pasokan daya di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke, dan Mimika, yang menjadi klaster penyelenggaraan PON XX, dipastikannya sangat aman.

sumber : antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Komentar

Terkait


Tim futsal Jawa Timur meraih medali emas dalam ajang Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) di Queen Futsal, Jalan Katamso, Kota Bandung, Jumat (29/11).

Kandaskan Malut, Futsal Jatim Buka Peluang ke Semifinal PON

PT PLN (Persero) meluncurkan promo layanan tambah daya untuk masyarakat di Pulau Papua bertajuk 'Gebyar PON XX Papua 2021' dengan membayar biaya Rp160.000 mulai 26 September hingga 15 Oktober 2021.

PLN Beri Diskon Tambah Daya untuk Warga Papua

Atlet Muay Thai Jawa Timur Galih Bangkit (kanan) saling serang dengan atlet Muay Thai Bengkulu Mustakim (kiri) pada babak penyisihan Muay Thai kelas 45 Kg putra PON Papua di GOR STT Gidi, Sentani, Papua, Selasa (28/9/2021).

Jual Beli Pukulan di Babak Penyisihan Muay Thai 45 Kg

Atlet sepatu roda putri Papua Dhinda Salsabila menunjukkan medali emasnya pada upacara pengalungan medali usai final nomor 200 meter individual time trial (ITT) putri PON Papua di Arena Klemen Tinal Roller Sport, Kota Jayapura, Papua, Selasa (28/9/2021). Atlet sepatu roda putri Papua Dhinda Salsabila berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 16,742 detik sementara medali perak diraih atlet sepatu roda putri Sumatera Utara Khansa Nayra (17,783 detik) dan medali perunggu diraih atlet sepatu roda putri Maluku Utara Nurul Nazwa (17,860 detik).

Papua Sabet Emas ITT Sepatu Roda Putri PON XX Papua

Petugas mendata warga dalam kegiatan serbuan vaksinasi COVID-19 di Masjid Raya, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (25/9/2021). Pemerintah mendorong vaksinasi daerah yang menyelengarakan PON XX Papua terus ditingkatkan.

Pemerintah Dorong Capaian Vaksinasi Daerah Penyelenggara PON

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image