Kandaskan Malut, Futsal Jatim Buka Peluang ke Semifinal PON

Red: Muhammad Akbar

Tim futsal Jawa Timur meraih medali emas dalam ajang Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) di Queen Futsal, Jalan Katamso, Kota Bandung, Jumat (29/11).
Tim futsal Jawa Timur meraih medali emas dalam ajang Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) di Queen Futsal, Jalan Katamso, Kota Bandung, Jumat (29/11).
Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Futsal Jatim mengandaskan perlawanan Maluku Utara dengan skor 4-2.

REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA — Tim Jawa Timur membuka peluang melaju ke semifinal cabang olahraga futsal PON XX Papua setelah pada pertandingan penyisihan ketiga, Selasa (28/9), mengandaskan perlawanan Maluku Utara dengan skor 4-2.

Pada pertandingan di GOR Futsal Kabupaten Mimika, Jalan Poros SP2-SP5 Timika, ratusan suporter Jatim datang membawa alat musik drum dan sejumlah atribut untuk menyemangati tim kesayangannya.

Kedua tim bergabung dalam Grup B bersama juara bertahan Jawa Barat yang sudah memastikan lolos ke semifinal. Di grup ini juga bergabung Sulawesi Selatan dan Banten.

Tim futsal Jatim yang diasuh pelatih Eko Purbo tampil lepas dan langsung unggul 1-0 pada menit ke-9 melalui tendangan keras Singgih Romana Jati.

Selang semenit kemudian, Jatim menggandakan keunggulan melalui sontekan Januardy Ramdhani yang berdiri bebas tak terkawal di depan gawang Maluku Utara.

Tertinggal dua gol, Maluku Utara yang merupakan peraih medali perak PON 2016 berupaya keluar dari tekanan dan menyerang.Kerja keras anak asuh pelatih Mohammad Riyoga itu menuai hasil setelah menjebol gawang Jatim yang dikawal Akhmal Trijayanto.

Hingga babak pertama berakhir, Jatim unggul 2-1 atas Maluku Utara. Memasuki babak kedua, Maluku Utara mengambil inisiatif serangan dan berhasil menyarangkan gol ke gawang Jatim melalui sontekan Trifandi Layn pada menit ke-31 untuk menyamakan skor 2-2.

Setelah gol itu, Jatim bangkit untuk menekan pertahanan lawan dan mencetak gol ketiga melalui kaki Agung Ma’arif. Pada menit ke-34, Jatim memperbesar keunggulan menjadi 4-2 melalui sontekan Achmad Vicky Irawan.

Kedudukan 4-2 untuk kemenangan Jatim tetap bertahan hingga peluit akhir berbunyi. Dengan hasil itu, Jatim kini mengumpulkan nilai5, hasil sekali menang dan dua kali imbang saat melawan Sulsel 3-3 dan bertemu Banten 1-1.

Tim Jatim masih menyisakan satu pertandingan menghadapi pemuncak Grup B yaitu Tim Jawa Barat pada Rabu (29/9).

Pertandingan melawan Jabar menjadi laga penentuan bagi Jatim untuk bisa melangkah ke semifinal cabang olahraga futsal PON XX Papua. Kekalahan ketiga Maluku Utara dari Jatim secara otomatis menutup pintu bagi peraih medali perak PON 2016 itu ke babak semifinal.

Sebelumnya, Maluku Utara sudah dua kali menelankekalahan saat melawan Sulsel dengan skor 0-4 dan kalah telak 0-6 dari Jabar.

Selain Jatim, tim dari Grup B yang juga masih memiliki peluang melaju ke babak semifinal adalah Sulawesi Selatan dengan nilai 4.Pada pertandingan terakhir, Selasa petang, Sulsel akan menghadapi Banten.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Komentar

Terkait


Atlet Muay Thai Jawa Timur Galih Bangkit (kanan) saling serang dengan atlet Muay Thai Bengkulu Mustakim (kiri) pada babak penyisihan Muay Thai kelas 45 Kg putra PON Papua di GOR STT Gidi, Sentani, Papua, Selasa (28/9/2021).

Jual Beli Pukulan di Babak Penyisihan Muay Thai 45 Kg

Atlet sepatu roda putri Papua Dhinda Salsabila menunjukkan medali emasnya pada upacara pengalungan medali usai final nomor 200 meter individual time trial (ITT) putri PON Papua di Arena Klemen Tinal Roller Sport, Kota Jayapura, Papua, Selasa (28/9/2021). Atlet sepatu roda putri Papua Dhinda Salsabila berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 16,742 detik sementara medali perak diraih atlet sepatu roda putri Sumatera Utara Khansa Nayra (17,783 detik) dan medali perunggu diraih atlet sepatu roda putri Maluku Utara Nurul Nazwa (17,860 detik).

Papua Sabet Emas ITT Sepatu Roda Putri PON XX Papua

Petugas mendata warga dalam kegiatan serbuan vaksinasi COVID-19 di Masjid Raya, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (25/9/2021). Pemerintah mendorong vaksinasi daerah yang menyelengarakan PON XX Papua terus ditingkatkan.

Pemerintah Dorong Capaian Vaksinasi Daerah Penyelenggara PON

Warga menyaksikan babak semifinal canoeing 1000 meter PON Papua dari atas perahu di Teluk Youtefa, Papua, Senin (27/9/2021).

Warga Antusias Tonton Perlombaan Dayung PON XX Papua

Venue Panjat Tebing PON Papua Berstandar Internasional

Venue Panjat Tebing PON Papua Berstandar Internasional

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image