Venue Panjat Tebing PON Papua Berstandar Internasional

Red: Muhammad Hafil

Venue Panjat Tebing PON Papua Berstandar Internasional
Venue Panjat Tebing PON Papua Berstandar Internasional
Foto: Dok Republika
Venue panjat tebing PON sudah hampir selesai.

REPUBLIKA.CO.ID, Manajer proyek PT HK Utama Taufik mengatakan progress pembangunan venue panjat tebing PON XX berstandar internasional di Kabupaten Mimika sudah mencapai 94 persen dan direncanakan pada bulan Juni atau Juli sudah tuntas.

“Pengerjaannya venue ini sempat terhenti karena pandemi Covid-19 selama tiga bulan. Kita mulai kerja di akhir bulan Agustus 2020. Saat ini, progres pengerjaannya sisa 6 persen saja, tinggal lanskapnya, parkiran depan dan akses masuk serta penanaman 10 pohon di areal taman,” kata Taufik dalam keterangan tertulisnya,  Selasa (28/9).

Baca Juga

Lebih lanjut ia mengatakan pekerjaan penataan kawasan sedang dilakukan pengerjaan. Namun, untuk penanaman pohon di lokasi venue, berdasarkan permintaan Technical Delegate (TD) setiap kontingen masing-masing diwajibkan menanam 1 pohon.

Spesifikasinya sudah internasional terlihat dari bahan material yang dipakai sudah sama dengan material yang dipakai untuk Olimpiade Jepang nanti.

”Koordinasi dengan TD nantinya setiap kontingen yang datang diwajibkan menanam pohon di venue,” ujar Taufik.

Dalam hasil monitoring TD beberapa kata Taufik, ada permintaan perubahan dibagian dinding speed, di mana pipa gantungan minta dinaikkan setengah meter.

Selain itu, venue panjat tebing Mimika diklaim sudah berstandar internasional. Material yang digunakan berspesifikasi dunia. Anggaran yang digunakan pun juga tak sedikit sebesar Rp 26 miliar bersumber dari APBD Kabupaten Mimika.

Baca juga : Menkes Bantah PTM Picu Klaster Covid-19

Ia juga mengatakan untuk material dinding atau wall-nya adalah produk lokal. Namun, material tersebut juga akan digunakan di venue panjat tebing pada perhelatan Olimpiade Jepang.

“Ini anggarannya dari APBD Kabupaten Mimika Rp26 miliar berdasarkan kontrak. Spesifikasinya sudah internasional terlihat dari bahan material yang dipakai sudah sama dengan material yang dipakai untuk Olimpiade Jepang nanti,” ucapnya.

Venue panjat tebing di Mimika, kata Taufik, juga sudah dilengkapi dengan tribun permanen berkapasitas 300 penonton dan terdapat sejumlah ruangan yang berfungsi untuk ruang media, medis, dan lainnya yang berkaitan dengan perangkat pertandingan.

Khusus untuk tribun, ini satu-satunya yang permanen di Indonesia. Venue panjat tebing Mimika sudah masuk jadi salah satu venue terbaik karena terlengkap fasilitasnya. Kalau kita lihat venue serupa yang di daerah lain khusus tribun itu hanya portabel. Kita punya permanen karena di bawahnya ada ruangan untuk media, tim medis dan lainnya. Daya tampungnya kurang lebih 300 orang,” ucap Taufik.

Tak hanya itu, Taufik juga mengatakan dalam segi keselamatan atau safety-nya, Taufik menuturkan venue panjat tebing Mimika juga sudah memenuhi standar. 

“Kalau untuk safety-nya sudah dilihat dari TD sudah memenuhi standar. Kalau mekanisme nanti pada saat perlombaan akan menjadi tanggung jawab teman-teman di federasi,” katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Komentar

Terkait


Atlet Muay Thai Jawa Timur Galih Bangkit (kanan) saling serang dengan atlet Muay Thai Bengkulu Mustakim (kiri) pada babak penyisihan Muay Thai kelas 45 Kg putra PON Papua di GOR STT Gidi, Sentani, Papua, Selasa (28/9/2021).

Jual Beli Pukulan di Babak Penyisihan Muay Thai 45 Kg

Atlet sepatu roda putri Papua Dhinda Salsabila menunjukkan medali emasnya pada upacara pengalungan medali usai final nomor 200 meter individual time trial (ITT) putri PON Papua di Arena Klemen Tinal Roller Sport, Kota Jayapura, Papua, Selasa (28/9/2021). Atlet sepatu roda putri Papua Dhinda Salsabila berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 16,742 detik sementara medali perak diraih atlet sepatu roda putri Sumatera Utara Khansa Nayra (17,783 detik) dan medali perunggu diraih atlet sepatu roda putri Maluku Utara Nurul Nazwa (17,860 detik).

Papua Sabet Emas ITT Sepatu Roda Putri PON XX Papua

Petugas mendata warga dalam kegiatan serbuan vaksinasi COVID-19 di Masjid Raya, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (25/9/2021). Pemerintah mendorong vaksinasi daerah yang menyelengarakan PON XX Papua terus ditingkatkan.

Pemerintah Dorong Capaian Vaksinasi Daerah Penyelenggara PON

Warga menyaksikan babak semifinal canoeing 1000 meter PON Papua dari atas perahu di Teluk Youtefa, Papua, Senin (27/9/2021).

Warga Antusias Tonton Perlombaan Dayung PON XX Papua

Pedayung Riau Maizir Riyondra meluapkan kegembiraannya usai memenangkan final canoeing MK1 1000 PON Papua di Teluk Youtefa, Papua, Selasa (28/9/2021). Maizir berhasil meraih emas, sementara perak direbut Joko Andriyanto asal Jambi dan perunggu diraih Angga Suwandi Putra asal Jakarta.

Riau Rebut Emas Canoeing MK1 1000 PON Papua

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image