Friday, 23 Rabiul Awwal 1443 / 29 October 2021

Friday, 23 Rabiul Awwal 1443 / 29 October 2021

6 Manfaat Kesehatan Membersihkan Lidah

Rabu 29 Sep 2021 00:29 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Membersihkan lidah mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan.

Membersihkan lidah mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan.

Foto: Twitter
Membersihkan lidah dengan alat khusus mendatangkan banyak manfaat kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain gigi, menjaga kebersihan lidah pun penting diperhatikan bagi kesehatan secara keseluruhan. Membersihkan area lidah juga tidak cukup dengan hanya sikat gigi, Anda perlu menggunakan tongue scraper atau pembersih lidah.

Di Indonesia, penggunaan alat ini tidak sepopuler sikat gigi. Padahal, banyak manfaat yang bisa didapat ketika membersihkan lidah dengan alat berbentuk U tersebut. Pemakaian alat ini juga sederhana, cukup mendorongnya dari belakang sampai ke ujung lidah.

Lalu, apa saja manfaat membersihkan lidah? Berikut penjelasannya seperti dilansir Express UK, Selasa (28/9)

1. Menjaga kebersihan mulut
Mulut dipenuhi dengan jutaan bakteri dan tidak semuanya adalah bakteri baik. Tongue scraper membantu menghilangkan bakteri serta sisa makanan dan menjaga kebersihan mulut.

2. Napas segar
Sekitar 50 persen kasus halitosis (bau mulut) disebabkan oleh sisa-sisa bakteri di lidah. Membersihkan lidah merupakan langkah penting untuk mengatasi bau mulut. Mengikis bakteri lidah, sisa makanan, dan partikel jahat lainnya dapat membantu mengatasi masalah pernapasan yang berkelanjutan.

Perokok, orang yang mengalami mulut kering atau infeksi jamur, memiliki kebersihan mulut yang buruk, dan menggunakan obat-obatan tertentu yang menyebabkan bau mulut penting untuk memakai tongue scraper.

3. Cegah kerusakan gigi dan penyakit gusi
Menghilangkan bakteri berbahaya di lidah bisa mencegah gigi berlubang, penyakit gusi, kerusakan gigi dan kondisi mulut lainnya. Namun, langkah ini saja tidak cukup untuk mengganti rutinitas perawatan gigi yang buruk. 

Anda juga perlu menggunakan pasta gigi dan obat kumur berfluoride, menyikat gigi dan gusi dua kali sehari, dan menyikatnya setidaknya selama dua menit. Minum banyak air dan hindari jangan merokok.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA