Friday, 19 Syawwal 1443 / 20 May 2022

Host Dinobatkan Jadi Film Horor Terseram

Selasa 28 Sep 2021 06:46 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti

Salah satu adegan di film Host.

Salah satu adegan di film Host.

Foto: Shudder.
Film dengan jumpscare paling efektif jatuh ke Insidious.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film Host dinobatkan sebagai film paling menakutkan sepanjang masa oleh sebuah penelitian. Studi tersebut dilakukan oleh The Science of Scare Project, yang mengundang 250 orang untuk menonton 40 film bergenre horor paling menakutkan di dunia.

Seperti dilansir NME, selama masa studi, para peserta ditempatkan di sebuah ruangan khusus kedap suara sehingga mereka bisa berteriak dengan bebas. Ketika menonton film, peserta studi juga dilengkapi dengan monitor detak jantung dan berada di bawah pengawasan medis dan peneliti.

Hasilnya, sebagian besar peserta studi memiliki detak jantung istirahat 64bpm, angka rata-rata ini melonjak hingga 88bpm saat menonton film Host. Peneliti juga secara terpisah mengukur dampak jumpscare dengan lonjakan tertinggi Host mencapai 130bpm.

Film dengan jumpscare paling efektif jatuh ke Insidious yang mencapai lonjakan tertinggi 133bpm. Studi serupa dilakukan tahun lalu di mana film Sinister menempati posisi teratas, yang berada di posisi kedua tahun ini dengan 86bpm di belakang Host.

Ada perbedaan mencolok antara film horor lama dan baru, dengan film klasik seperti Halloween dan Texas Chainsaw Massacre menempati peringkat lebih rendah masing-masing di urutan ke-17 dan ke-18. Film-film lain dalam penelitian ini termasuk A Quiet Place, Paranormal Activity, The Conjuring, dan dua sekuelnya, serta Hereditary.

Host disutradarai oleh Rob Savage dan dirilis tahun 2020. Film ini merupakan film horor yang terinspirasi dari penggunaan aplikasi video conference, Zoom.

Cerita berawal ketika enam orang teman yang terjebak lockdown menggelar pertemuan via Zoom, dan lantas melakukan pemanggolan arwah secara online. Sayangnya, ritual tersebut berubah menjadi terror maut karena roh jahat mulai menyerang rumah mereka.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA