Jadwal Sepak Bola Putra PON Papua: Dua Wakil Sumatra Beraksi

Red: Israr Itah

logo PON XX Papua
logo PON XX Papua
Foto: Istimewa
Tim sepak bola putra Sumut dan Aceh mulai berlaga di PON XX Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Dua tim wakil Sumatra yakni Sumatra Utara (Sumut) dan Aceh akan mulai berlaga dalam hari kedua babak penyisihan grup sepak bola putra PON XX Papua di Kota dan Kabupaten Jayapura, Selasa (28/9) sore ini. Sumut salah satu provinsi tersukses dalam sejarah sepak bola PON, dengan koleksi empat medali emas semenjak pesta olahraga empat tahunan itu mulai dilangsungkan pada 1948. Hanya, sudah lebih dari tiga dasawarsa lamanya sejak Sumut terakhir kali menorehkan prestasi tertinggi di cabang olahraga sepak bola PON.

Terakhir kali Sumut membawa pulang medali emas sepak bola putra terjadi pada PON XII di Jakarta pada 1989. Dalam PON XVII Riau 2012, Sumut kembali menjejaki partai final tapi harus berpuas diri dengan raihan perak setelah menyerah 0-2 melawan Kalimantan Timur. Kini Sumut tiba di Bumi Cendrawasih di bawah komando pelatih kepala Colly Misrun yang menargetkan anak-anak asuhnya bisa membuka jalan hingga ke babak semifinal.

Baca Juga

Sumut akan melakoni ujian pertama dalam mewuujudkan target tersebut dengan menghadapi Jawa Tengah dalam pertandingan pertama mereka di Grup B yang dijadwalkan berlangsung mulai pukul 15.00 WIT di Stadion Mahacandra, Kota Jayapura.

Jateng kini ditangani Eko Riyadi, yang menyatakan masih optimistis bisa meloloskan diri ke babak enam besar meski tergabung di Grup B yang dianggap grup neraka. Sebab selain dihuni Sumut terdapat juga Jawa Timur yang pada Senin kemarin sukses melumat Sulawesi Selatan 3-0.

Target ambisius Aceh

Pada saat bersamaan, di Stadion Barnabas Yaouwe, Kabupaten Jayapura, Aceh sebagai wakil Pulau Sumatra lainnya akan menghadapi Sulawesi Utara untuk penyisihan Grup C. Kedua tim terbilang cukup lama absen dalam sepak bola putra PON. Aceh terakhir kali tampil dalam PON 2008, sedangkan Sulut delapan tahun lebih lama absen.

Baca juga : Promotor Konser Tunggu Lampu Hijau dari Satgas Covid-19

Kendati baru kembali tampil di PON lagi, Aceh mematok target ambisius yakni mencapai partai final. Hal itu tidak lepas dengan keputusan mereka menggunakan jasa salah satu pelatih kawakan yang pernah membawa Indonesia menjuarai Piala AFF U-16 2018, Fakhri Husaini. Sebagai putra daerah, Fakhri sempat mengungkapkan dirinya terpanggil membantu Aceh mengulangi kesuksesan membawa pulang medali perak sepak bola PON.

Sementara itu Sulut untuk pertama kalinya kembali berlaga di sepak bola putra PON sejak terakhir kali ambil bagian dalam PON 2000 di Jawa Timur. Pelatih kepala Sulut, Rudi Manumpil, mengaku ia dan anak-anak asuhnya juga membawa misi untuk mengulangi kebanggaan meraih medali perunggu PON 1996.

Satu pertandingan lain dalam pelaksanaan hari kedua sepak bola putra PON Papua akan mempertemukan Nusa Tenggara Timur kontra Maluku Utara di Stadion Mandala, Kota Jayapura. Kedua tim tentu termotivasi untuk mengulangi keperkasaan pasukan tuan rumah Papua yang melumat habis juara bertahan Jawa Barat di pembukaan Grup A.

Berikut jadwal pertandingan penyisihan grup sepak bola putra PON Papua pada Selasa (dalam WIB):

13.00 (A) Nusa Tenggara Timur vs Maluku Utara di Stadion Mandala

13.00 (B) Sumatra Utara vs Jawa Tengah di Stadion Mahacandra

13.00 (C) Aceh v Sulawesi Utara di Stadion Barnabas Yaouwe

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Komentar

Terkait


Petugas mendata warga dalam kegiatan serbuan vaksinasi COVID-19 di Masjid Raya, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (25/9/2021). Pemerintah mendorong vaksinasi daerah yang menyelengarakan PON XX Papua terus ditingkatkan.

Pemerintah Dorong Capaian Vaksinasi Daerah Penyelenggara PON

Warga menyaksikan babak semifinal canoeing 1000 meter PON Papua dari atas perahu di Teluk Youtefa, Papua, Senin (27/9/2021).

Warga Antusias Tonton Perlombaan Dayung PON XX Papua

Venue Panjat Tebing PON Papua Berstandar Internasional

Venue Panjat Tebing PON Papua Berstandar Internasional

Pedayung Riau Maizir Riyondra meluapkan kegembiraannya usai memenangkan final canoeing MK1 1000 PON Papua di Teluk Youtefa, Papua, Selasa (28/9/2021). Maizir berhasil meraih emas, sementara perak direbut Joko Andriyanto asal Jambi dan perunggu diraih Angga Suwandi Putra asal Jakarta.

Riau Rebut Emas Canoeing MK1 1000 PON Papua

Atlet terbang layang Papua, Andri Abdul Rohman, diarak rekan-rekannya setelah memastikan meraih medali emas nomor precision landing single seater cabang olahraga terbang layang di Bandara Mozes Kilangin, Timika, Ahad (26/9).

Peraih Emas Pertama: Saya Orang Jawa, Saya Cinta Papua

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image