Selasa 28 Sep 2021 02:37 WIB

Arab Saudi Lakukan Lebih dari 28 Juta Tes Covid-19

Saudi salah satu negara pertama di dunia yang menyediakan pengujian Covid-19.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Ani Nursalikah
Arab Saudi Lakukan Lebih dari 28 Juta Tes Covid-19. Seorang petugas mengukur suhu tubuh jamaah sebelum melaksanakan Shalat Jumat di masjid Al-Jaffali, Jeddah, Arab Saudi, Jumat (30/4). Selama Ramadhan 1442 Hijriah ini umat Muslim bisa menyelenggarakan Shalat berjamaah di Masjid dengan mematuhi protokol kesehatan seperti mengenakan masker dan menjaga jarak sosial untuk menghindari penyebaran virus Covid-19.  (AP Photo/Amr Nabil)
Foto: AP/Amr Nabil
Arab Saudi Lakukan Lebih dari 28 Juta Tes Covid-19. Seorang petugas mengukur suhu tubuh jamaah sebelum melaksanakan Shalat Jumat di masjid Al-Jaffali, Jeddah, Arab Saudi, Jumat (30/4). Selama Ramadhan 1442 Hijriah ini umat Muslim bisa menyelenggarakan Shalat berjamaah di Masjid dengan mematuhi protokol kesehatan seperti mengenakan masker dan menjaga jarak sosial untuk menghindari penyebaran virus Covid-19. (AP Photo/Amr Nabil)

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Sektor kesehatan Arab Saudi telah melakukan 28.553.941 tes laboratorium Covid-19 menggunakan teknologi tes Polymerase Chain Reaction (PCR) sejak infeksi Covid-19 pertama tercatat hingga saat ini.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi menyatakan kapasitas pengujian Covid-19 di Kerajaan melebihi 130 ribu tes per hari. Mereka mencatat 90 persen dari hasil yang dikeluarkan bisa dalam kurun waktu kurang dari 18 jam, sementara 99 persen dari hasil dikeluarkan dalam waktu kurang dari 24 jam.

Baca Juga

Tes ini berkontribusi menempatkan Arab Saudi di antara negara-negara teratas di dunia yang menyediakan jenis tes canggih PCR dalam waktu singkat dan berkualitas tinggi. Kemenkes menyebutkan jumlah laboratorium penguji Covid-19 yang disetujui Otoritas Kesehatan Masyarakat adalah 48 laboratorium di sektor pemerintah dan 75 laboratorium di sektor swasta.

Jumlah laboratorium yang berafiliasi dengan Kemenkes adalah 25 laboratorium dengan kapasitas 80 ribu tes per hari. Arab Saudi adalah salah satu negara pertama di dunia yang menyediakan pengujian laboratorium Covid-19. Pemerintah Saudi telah menyiapkan dan melengkapi Laboratorium Kesehatan Nasional. Kementerian juga meresmikan sejumlah laboratorium dan unit khusus di seluruh wilayah, yang berkontribusi dalam peningkatan pelayanan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

 

https://saudigazette.com.sa/article/611420/SAUDI-ARABIA/Saudi-Arabia-conducts-over-28-million-COVID-19-tests

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement