Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Sering Dijauhi, Ini 4 Manfaat Konsumsi Kuning Telur

Selasa 28 Sep 2021 00:36 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Dwi Murdaningsih

Kuning telur/ilustrasi

Kuning telur/ilustrasi

Foto: tastingmemories.com
Kuning telur secara alami mengandung kolesterol yang tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kuning telur seringkali "dimusuhi" karena dianggap dapat memicu kenaikan kadar kolesterol di dalam darah. Alasannya, kuning telur secara alami mengandung kolesterol yang tinggi.

Faktanya, kandungan kolesterol di dalam telur tidak menyebabkan kenaikan kadar kolesterol darah seperti halnya makanan lain yang mengandung kolesterol. Sebagai contoh, makanan yang tinggi akan kandungan lemak trans atau lemak jenuh.

Seperti halnya putih telur yang memiliki beragam manfaat kesehatan, kuning telur juga memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan. Manfaat ini berasal dari kandungan protein dan beberapa zat gizi lain yang tinggi di dalam kuning telur.

Setidaknya, ada empat manfaat yang dapat diberikan oleh kuning telur bagi kesehatan. Berikut ini ialah keempat manfaat tersebut, seperti dilansir Guardian.

Manfaat Bagi Mata
Berdasarkan studi, kuning telur mengandung karotenoid yang dapat membantu menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia dan katarak. Karotenoid berperan sebagai antioksidan di dalam mata, melindungi mata dari radikal bebas yang dapat merusak bagian-bagian pada retina. Bila hal tersebut terjadi, kemampuan mata untuk memfokuskan cahaya bisa terpengaruh.

Manfaat dari Kolin
Sebuah studi dari University of North Carolina di Chapel Hill menemukan bahwa perempuan dengan asupan kolin yang tinggi memiliki kemungkinan 24 persen lebih rendah untuk mengalami kanker payudara dibandingkan perempuan yang mengonsumsi sedikit kolin. Kuning telur pun diketahui dapat membantu mendukung kesehatan jantung dan meregulasi fungsi kardiovaskular.

Sumber Beragam Vitamin
Kuning telur memiliki kandungan vitamin yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan putih telur. Dalam satu kuning telur, terdapat tujuh vitamin yaitu vitamin B6, B, B12, A, D, E dan K, serta folat. menariknya, kuning telur merupakan satu dari sedikit makanan yang secara alami mengandung vitamin D.

Kaya Mineral
Kuning telur dan putih telur masing-masing memiliki 13 variasi mineral. Meski begitu, kandungan mineral yang ada dalam kuning telur lebih besar dibandingkan yang dimiliki putih telur. Sekitar 90 persen kandungan kalsium telur berada di kuning telur. Sekitar 93 persen kandungan zat besi telur juga terdapat di kuning telur. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA