Senin 27 Sep 2021 20:24 WIB

Pabrikan Ban Hadirkan Sepatu dari Bahan Daur Ulang

Hankook Tire berkolaborasi dengan YASE menghasilkan sepatu ramah lingkungan.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Hankook Tire melakukan daur ulang ban menjadi sepatu
Foto: Hankook Tire
Hankook Tire melakukan daur ulang ban menjadi sepatu

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL--Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan otomotif dalam mewujudkan kepedulian lingkungan adalah dengan melakukan daur ulang. Hal ini pun dilakukan oleh sebuah pabrikan ban asal Korea yang bernama Hankook Tire.

Vice President Brand Lab Hankook Tire, Jimmy Kwon mengatakan, Hankook Tire berkolaborasi dengan produsen sepatu kulit bernama YASE untuk menghadirkan sepatu ramah lingkungan yang terbuat dari ban hasil daur ulang sebagai bentuk nyata dari dedikasi Hankook untuk menjadikan bumi menjadi lebih asri.

Baca Juga

Menurutnya, kehadiran sepatu ramah lingkungan ini dikemas lewat proyek ‘ZERO - LEAVE NOTHING BEHIND’ sebagai komitmen penggunaan bahan ramah lingkungan dan kelestarian alam.

"Kelestarian alam adalah bagian penting dan agenda utama dari Hankook yang selalu menjadikan daur ulang sebagai agenda tahunan. Mengingat, bahan dasar dari sol sepatu adalah karet, maka Hankook berkolaborasi dengan YASE karena produsen sepatu ini juga memiliki visi yang sama dalam mengurangi dampak buruk bagi lingkungan," kata Jimmy Kwon dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Senin (27/9).

Hankook memilih produk alas kaki untuk menjadi bentuk kolaborasi karena ban dan sepatu dinilai memiliki kesamaan dalam hal mobilitas dan pijakan setiap hari. Ban dan sepatu juga memiliki fungsi yang sama yakni melindungi penggunanya dari berbagai bahaya dalam melakukan perjalanan dengan tangguh dan stabil.

“Kami dengan bahagia mengumumkan bahwa kolaborasi ini membuka jalan agar kedua perusahaan terinspirasi melakukan inovasii. Sangat menggembirakan ketika kami bisa membantu pelanggan memilih sepatu yang berdampak positif bagi lingkungan," ucapnya.

Ia pun merasa senang karena ban Hankook yang sudah selesai masa pakainya berubah menjadi sol sepatu yang dikenakan banyak orang. Ia juga menekankan bahwa sepatu yang terbuat dari ban bekas tidak hanya berdampak positif tapi juga tahan pakai dan tangguh karena ban yang diproduksi Hankook terbuat dari material berkualitas tinggi dan didukung teknologi mutakhir.

Ada lima produk yang diperkenalkan lewat kolaborasi ini yakni empat sepatu dress (untuk gaya semi formal dan formal) dan satu sepatu insole. Jajaran sepatu gaya terdiri dari Chelsea boots, square toe Chelsea boots, Derby shoes dan square toe Derby shoes.

Semua sepatu itu sendiri dipasarkan secara online di Korea. Selanjutnya, Hankook Tire juga berencana untuk melanjutkan kolaborasi dengan YASE untuk merilis sepatu lari pada bulan Oktober nanti.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement